Tagana Beltim Catat 32 Unit Rumah Terdampak Musibah Genangan Air

by -
Tagana Beltim Catat 32 Unit Rumah Terdampak Musibah Genangan Air
Bantuan Dinas Sosial yang diserahkan kepada warga terdampak musibah yang merendam puluhan rumah di Desa Mempaya. (Istimewa)

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Koordinator Tagana Kabupaten Beltim mencatat, sebanyak 32 unit rumah terendam air saat hujan lebat mengguyur selama hampir 24 jam di wilayah Belitung Timur, Jum’at (10/1/2020). Laporan terakhir yang dikumpulkan Tagana menyebutkan setidaknya ada 4 Kecamatan yang terdampak yakni Gantung, Manggar, Damar dan Kelapa Kampit.

Lebih rinci, rumah terdampak di Kecamatan Gantung berjumlah 4 unit, Manggar 4 unit, Damar 21 unit dan Kelapa Kampit 3 unit. Kecamatan Damar menjadi wilayah yang paling banyak terdampak. Total ada sebanyak 22 kepala keluarga dengan jumlah jiwa 69 orang. Disusul Kecamatan Gantung dengan 4 kepala keluarga dan 13 jiwa, Manggar 4 kepala keluarga dan 10 jiwa serta Kelapa Kampit sebanyak 3 kepala keluarga dan 8 jiwa.

Koordinator Tagana Beltim, Mahroni Hidayat, mengatakan, anggota Tagana dikerahkan untuk membantu warga yang terdampak. Selama masa tanggap darurat, anggota Tagana disiagakan guna mengantisipasi permasalahan yang mungkin terjadi.

Khusus Kecamatan Damar tepatnya Desa Mempaya yang paling terdampak, personil gabungan turun langsung mengevakuasi warga. Adapun personil yang terlibat, TNI Polri, BPBD, Tagana, Pol PP, KSB Gustin, Linmas Desa, PKK Desa, Dinas Sosial dan perangkat Desa Mempaya.

Bantuan makanan dan obat-obatan juga sudah disiagakan di kantor Desa yang dijadikan posko tanggap darurat.

“Bantuan dari berbagai pihak juga sudah berdatangan dan sudah didistribusikan kepada warga yang terdampak,” ujar Mahroni.

 

Editor: Subrata
Reporter: Muchlis Ilham