Tahapan Pendaftaran Pilkada Belum Jelas

by -

MANGGAR – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) belum bisa memastikan tahapan pelaksanaan pendaftaran Pilkada Beltim mendatang, sehingga jadwal tahapan masih belum jelas. KPUD Beltim masih menunggu informasi dari KPU pusat terkait tahapan pelaksanaan pilkada.

“Iya kami masih menunggu jadwal tahapan-tahapan tersebut. Kemungkinan itu semua masih di susun oleh KPU pusat, dan kita pun masih menunggu informasi dari pusat,” kata Ketua KPUD Beltim, Pirmawan melalui komisionernya Suro M Siregar, Kamis (5/3) kemarin.

Sebelumnya, papar Suro sudah ada jadwal tahapan Pilkada, namun kemudian diubah lagi. “Tadinya kan tahapan dan pendaftaran Bakal Calon (Balon) akan diuka Februari lalu. Tapi hingga kini kita belum mendapatkan kepastian, karena masih menunggu jadwal yang diberikan dari pusat,” katanya.

Ia mengatakan, paling lambat tahapan Pilkada di Beltim bisa dilaksanakan pada April 2015 mendatang. Kemungkinan pada bulan Maret ini Peraturan KPU (PKPU) sudah bisa diterima oleh seluruh KPUD yang akan melaksanakan Pilkada.
Senada disampaikan komisioner KPU Provinsi Babel, Guid Cardy yang sempat dihubungi harian ini Kamis (5/3) kemarin. “Yah benar kita juga (KPU Provinsi babel, red) masih menunggu kabar dari KPU pusat terkait tahapan tahapan pilkada mendatang,” singkat Guid Cardy yang juga mantan Ketua KPUD Beltim periode sebelumnya.

Ketidakjelasan tahapan Pilkada ini sempat menjadi tanda tanya warga, kapan kabar dan kepastian Pilkada yang sebenarnya akan dilaksanakan. Seperti yang dikatakan Erwin (33) warga Manggar yang sempat mempertanyakan tahapan Pilkada yang sebenarnya.
“Kapan sih pak sebenarnya Pilkada Beltim ini akan dilaksanakan. Aku sempat terdengar sudah ada beberapa nama Balon Kepala daerah yang akan siap mencalonkan. Bahkan dari kabar yang saya dengar dimasyarakat ada Balon yang kini masih menunggu Balon lainnya untuk siap bertanding di pilkada Beltim,” ungkap Erwin.

Erwin berharap dalam waktu dekat KPU pusat akan segera memberikan informasi lengkap dan tidak ada lagi perubahan perubahan lainnya terkait pilkada. Karena menurut Erwin kabar kabar siapa saja yang akan mencalonkan diri sebagai Kepala daerah semakin hari semakin memanas. (feb)