Tahun 2015, Belum ada Anggaran Beasiswa

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*Bagi Tamatan SMA untuk Melanjutkan ke Perguruan Tinggi
TANJUNGPANDAN-Informasi ini nampaknya menjadi kabar yang kurang menggembirakan bagi lulusan SMA/SMK/MAN yang hendak melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. Pasalnya, Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan, bantuan pendidikan berupa beasiswa bagi calon mahasiswa baru oleh pemerintah daerah Kabupaten Belitung  tahun 2015 ini, belum ada alokasi anggaran.
“Kita selama ini dengan perguruan tinggi untuk penerimaan mahasiswa baru memang belum ada. Kecuali, dulu masalah peningkatan mutu guru, kita kerjasama dengan UPI Bandung. Jadi, kita sekolahkan mereka di sana (UPI Bandung,Red),” ungkap Bupati yang akrab di sapa Sanem itu Senin (13/4) lalu, di Gedung Dewan.
Mengenai beasiswa untuk perguruan tinggi, kata Sanem, tahun sebelumnya memang pernah ada. Namun dalam hal pengelolaan di tahun 2014 kemarin, ada perubahan sistem penganggaran terhadap bantuan-bantuan bea siswa itu. Karena itu, untuk tahun 2014 tidak teranggarkan.
“Sistem penganggaran itu (beasiswa,red) sudah kita siapkan untuk tahun 2015. Dan khusus beasiswa ke Perguruan Tinggi harus ada suatu kelembagaan yang mengelolanya,” jelasnya.
Selain itu, pengelola dana bantuan pendidikan berupa beasiswa itu, harus ada kerjasama dengan (Ikatan Pelajar Kabupaten Belitung (IPKB).  “Nanti IKPB-lah yang akan menyortir mana calon mahasiswa yang layak dibantu sesuai dengan kriteria-kriteria yang dibutuhkan oleh perguruan tinggi/universitas,” tukasnya.
Sanem juga menyebutkan, untuk tahun 2015 ini pemerintah daerah Kabupaten Belitung belum dapat melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi manapun. Sebab, belum adanya alokasi anggaran untuk bantuan bea siswa tersebut. “Jadi, selama ini dari perguruan tinggi itulah yang datang ke sekolah-sekolah meminta data-data siswa yang berprestasi,” ungkapnya.
Dan saat ini, kata Sanem, beberapa perguruan tinggi sudah mulai melakukan sosialisasi dan menjaring murid-murid berprestasi serta dimintai sebagai calon mahasiwa di Universitas/Perguruan Tinggi (PT).  “Banyak sistem perekrutan yang ditawarkan oleh setiap Universitas/PT. Termasuk bagi calon mahasiswa yang berprestasi akan mendapat beasiswa berupa bantuan bidikmisi,” terang Sanem.
Lanjut Sanem, meski perguruan tinggi telah menyatakan siap menampung calon mahasiswa yang berprestasi tersebut. Namun, seluruh yang berkaitan dengan kriteria dan ketentuan yang ditetapkan oleh universitas, tetap tidak boleh diabaikan. “Universitas/PT akan siap menampung mereka (calon siswa berprestasi,red), nanti dari sekolah-sekolah lah yang akan mengantarkan calon mahasiswa itu ke Universitas mana yang hendak dituju,” tukasnya. (mg2)

Baca Juga:  PLN Gerak Cepat, 500 Pelanggan Padam Teratasi

Tags:
author

Author: