Tahun 2019, Capaian Peserta KB Sebanyak 2.642

by -
Tahun 2019, Capaian Peserta KB Sebanyak 2.642
Tahun 2019, Capaian Peserta KB Sebanyak 2.642
Foto bersama kegiatan baksos PKK KB Kesehatan usai pembagian trophy, piagam dan uang pembinaan.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Sepanjang tahun 2019, pencapaian peserta Keluarga Berencana (KB) baru di Kabupaten Beltim tercatat sebanyak 2.642 peserta. Jumlah tersebut dianggap belum maksimal mengingat keterbatasan sumber daya manusia yang mengurusi bidang KB.

Saat ini hanya ada 23 orang penyuluh KB dan PLKB yang terbagi untuk 39 Desa. Adapun usia subur sebanyak 22.759 orang dan peserta KB aktif sebanyak 18.763 atau 82,44 persen.

Sekretaris Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Beltim, Febby Sandranita S.Sos, mengungkapkan, program KB merupakan program nasional yang bertujuan untuk pengendalian pertumbuhan penduduk. Selain itu, program KB bertujuan untuk mencapai keluarga yang berkualitas dan bercirikan sejahtera, sehat, maju, mandiri, memiliki jumlah anak yang berwawasan ke depan, bertanggungjawab, harmonis serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Momentum yang secara rutin dilaksanakan bersama mitra kerja dari Januari hingga Desember 2019 antara lain baksos IBI KB Kesehatan, baksos TNI KB Kesehatan, baksos Bhayangkara KB Kesehatan dan baksos PKK KB Kesehatan,” ujar Febby saat membuka kegiatan baksos PKK KB Kesehatan di kantor Desa Padang Kecamatan Manggar, Rabu (27/11) kemarin.

Harus diakui, kerjasama KB dengan melibatkan kemitraan berbagai pihak terbukti telah mendapatkan hasil yang lebih baik karena efisien, efektif dan menghemat anggaran.

Sampai bulan Oktober 2019, melalui kemitraan, hasil yang dicapai dalam konseling, informasi dan edukasi (KIE) dan konseling di Kabupaten Beltim telah mendapat peserta KB baru sebanyak 1.269 akseptor.

Terdiri dari 61 akseptor IUD, 58 MOW, 9 MOP, 103 kondom, 149 implan, 967 suntik dan 109 akseptor pil.

“Kami berharap melalui kegiatan baksos PKK KB Kesehatan target peserta KB baru capaian tahun 2019 akan lebih baik lagi. Kami berterima kasih atas partisipasi, bantuan dan kerjasama yang lebih baik dan atas semua keberhasilan yang telah dicapai selama ini,” harap Febby.

 

Editor: Subrata
Reporter: Muchlis Ilham