Tahun 2020, BLK Belitung Telah Melatih 368 Orang Pencari Kerja

by -
Tahun 2020, BLK Belitung Telah Melatih 368 Orang Pencari Kerja
Foto Istimewa

belitongekspres.co.id, SIJUK – Di Penghujung tahun 2020, Balai Latihan Kerja ( BLK) Belitung menggelar pameran “Setaon BLK Belitung” Tahun 2020. Bertempat di Pendopo Tanjung Kelayang, Sabtu (26/12), pameran dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Jasagung Haryadi.

Pameran ini untuk mempromosikan BLK Belitung kepada khalayak ramai, dengan program-program pelatihan yang dimiliki. Sehingga masyakarakat Kepulauan Babel, khususnya Kabupaten Belitung dapat meningkatkan kompetensi kerja di era new normal ini.

Kepala BLK Belitung Rahmad Faisal mengatakan, selama tahun 2020 BLK Belitung telah melatih 368 orang pencari kerja. Untuk pelaksanaannya di dua kabupaten yakni Belitung dan Belitung Timur. Saat pandemi BLK Belitung telah melatih program pelatihan pembuatan masker, cooking, pembuatan Faceshield, hand sanitizer.

“Nomenklatur BLK Belitung terdapat 2 kejuruan utam yaitu, agrowisata dan processing. Saat ini program pelatihan favorit adalah barista, pemandu selam dan processing (pengolahan ikan, buah, roti kua),” kata Faisal sapaan akrabnya kepada Belitong Ekspres.

Menurut Faisal, pemeran ini diselenggarakan dengan maksud untuk mempertemukan masyarakat dan BLK Belitung. Apa saja yang sudah dilakukan selama satu tahun dan juga mempromosikan para alumni BLK Belitung dan para UMKM yang telah berwirausaha.

“Kegiatan dari pagi ada jalan santai diikuti sekitar 500 orang dan mendapatkan undian doorprize, dan hiburan, serta ada belasan UMKM yang ikut menampilkan produknya di sekitar Pendopo,” jelas dia.

Kemudian kegiatan tersebut menghadirkan beberapa narasumber dan melakukan pertunjukan seperti pembicara dari barista dan assesor Candra Setiawan, maestro Pizza Indonesia chef Agung Kurnia, dan lamian show dari chef Ajis.

“Ada juga kompetisi barista, ada coaching klinik dari barista profesional dari Jakarta, dan juga ada juggling pizza dan pembuatan pizza serta pembuatan lamian mie,” terangnya.

“Kegiatan ini juga untuk membranding kepada masyarakat, khususnya masyarakat Belitung, bahwa BLK sudah hadir di Belitung, salah satu perhatian dari Pemerintah Pusat dibawah Kementrian tenaga kerja. “Jadi kita, unit pelaksana teknis pusat yang melaksanakan pelatihan untuk peningkatan SDM masyarakat di Pulau Belitung,” imbuhnya.

Peserta Setaon BLK Belitung Tahun 2020 berasal dari BLK Belitung, Perkumpulan Chef Profesional Indonesia (PCPI), Rumpun Tetangga, Mobo Caffe and Pastry, Camfela, Sundari Cafe, Sepiak, Alumni Barista BLK Belitung, Mie Aceh, KA Topan Budi Simpour Coffe, Kurniawan Simpour Coffe, Dirga Simpour Coffe, Annisa Sikok Name Chapter 2, Hafiz Sikok Name Chapter 3, Syahmuji Sikok Name Chapter 4, Fatur Sikok Name Chapter 2, Glowra Sikok Name Chapter IV, Wandi Home Brewer, Hamzah Kedai Lorong, Ijal Kedai Kupi Kite, Aditya Aldi Dnocturn Coffe, Lis Satrian, Bill Randi Bill’s Cofee, Aipitno D’Thamping Coffe, dan Krisdianti Home Brewer.

Sementara Kadispar Belitung, Jasagung Hariyadi, saat membuka acara pameran menyambut positif digelarnya Setaon BLK Belitung di akhir tahun 2020. “Dengan peringatan satu tahun beroperasinya BLK, kami mengucapkan terima kasih kepada BLK yang telah membantu pengembangan SDM di Kabupaten Belitung khususnya di bidang vokasi,” katanya.

Jasagung berharap kedepan BLK Belitung dapat meningkatkan kompetensi tenaga kerja yang sesuai dengan bidang masing-masing. “Dengan demikian diharapkan pertumbuhan ekonomi kreatif di Kabupaten Belitung semakin tumbuh antara lain melalui UKM-UKM sehingga dapat membantu pertumbuhan ekonomi daerah,” tukasnya. (dod)