Tahun 2021 Ini, BLK Belitung akan Latih 496 Pencari Kerja

by -
Tahun 2021 Ini, BLK Belitung akan Latih 496 Pencari Kerja
Pembukaan pelatihan berbasis Kompetensi Tahap I Kejuruan Processing dan Pariwisata di Aula BLK Belitung, Kamis (25/2).

belitongekspres.co.id, SIJUK – Balai Latihan Kerja ( BLK) Belitung membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahap I Kejuruan Processing dan Pariwisata. Pelatihan ibu tahap pertama ini bertempat di Aula BLK Belitung, Kamis (25/2).

Pembukaan pelatihan ditandai dengan pemukulan gendang oleh Sekretaris Jenderal Kementrian Ketenagakerjaan RI Anwar Sanusi, Direktur Bina Intruktur dan Tenaga Pelatihan Binalattas Kementrian Ketenagakerjaan RI Fauziah, Bupati Belitung H Sahani Saleh dan Kepala BLK Belitung Rahmad Faisal.

Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal Kementrian Ketenagakerjaan RI Anwar Sanusi mengucapkan terimah kasih kepada Pemkab Belitung dan Beltim, sehingga BLK bisa beroperasi dan menjalankan tugasnya. Khususnya bagi pengembangan tenaga-tenaga terampil yang akan mengisi ruang-ruang pekerjaan di Pulau Belitung.

 “Kami berharap peserta pelatihan agar memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya, karena tidak mudah untuk menjadi peserta pelatihan. Yang kita bisa tampung masih sekitar 300-an, padahal kebutuhan sangat tinggi. Oleh karena itu tolong gunakan kesempatan dengan baik,” pintanya.

Direktur Bina Intruktur dan Tenaga Pelatihan Binalattas Kementrian Ketenagakerjaan RI Fauziah menyebutkan BLK Belitung telah membangun infrastruktur untuk mendukung pelaksanaan program pelatihan. Diantaranya pembangunan workshop pariwisata, kolam selam, mushola dan infrastruktur pendukung lainnya, sesuai masterplan.

Sementara itu Kepala BLK Belitung Rahmad Faisal mengatakan, Pelatihan Berbasis Kompetensi tahap I tahun 2021 itu diikuti oleh 80 peserta dan dibuka 5 program. Yakni processing pembuatan roti dan kue, pengolahan buah, pariwisata yakni barista, front office recepsionist serta tour guide.

“Peserta tahap pertama ini lumayan banyak dari Kabupaten Belitung Timur yang ikut sekitar 20 orang. Untuk tahun 2021 ini BLK Belitung akan melatih sebanyak 496 orang pencaker atau sebanyak 31 paket pelatihan. Terdiri 3 kejuruan antara lain Processing, Pariwisata, Bisnis dan Manajemen,” terangnya. (dod)