Tak Ada Istilah Incumbent

by -

*Dalam Pilkada 2015, Jabatan Bupati Habis Bulan September

MANGGAR – Anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Koko Haryanto mengatakan Tidak Ada Istilah ‘Incumbent’ dalam Pilkada Beltim 2015. Sebab, masa Jabatan Bupati Beltim akan habis pada Bulan September pada tahun ini.

“Pada Pilkada tahun ini tidak akan ada istilah Incumbent atau pertahanan. Karena Istilah itu dipakai kepada Kepala daerah yang sedang menjabat dan ikut kembali dalam pemilihan kepala daerah periode selanjutnya,” ungkap Koko yang juga anggota Komisi I DPRD Beltim, saat berbincang dengan Belitong Ekspres, Minggu (3/5) kemarin.

Sebelumnya Bupati Beltim saat ini (Basuri T Purnama-red) juga kembali akan maju ke Pilkada tahun ini. Namun, menurutnya dalam Pilkada serentak tahun ini, Istilah “incumbent” tidak lagi berlaku bagi pemilihan kepala daerah di Provinsi Bangka Belitung, khususnya Beltim.

Koko kembali mengatakan, bahwa istilah ‘Incumbent’ dalam Pilkada serentak khususnya di Beltim tidak berlaku, mengingat Kepala daerah periode sebelumnya akan berakhir masa jabatannya pada bulan September 2015.

Dengan demikian, sejak bulan itu, bupati otomatis akan berakhir masa jabatannya dan digantikan oleh Plt Bupati.

“Tahun ini kita melaksanakan Pilkada tanpa istilah ‘Incumbent’ mengingat Bupati sebelumnya telah habis masa jabatan pada bulan September. Sementara pelaksanaan Pilkada akan dilaksanakan pada bulan Desember, tepatnya 9 Desember mendatang,” pungkasnya.(feb)