Tak Kuorum, Rapat Paripurna Gagal

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*Isyak Punya Pendapat Lain, Mestinya Tetap Bisa Digelar

TANJUNGPANDAN- Rapat Paripurna  DPRD Kabupaten Belitung dengan agenda pembahasan empat rancangan peraturan daerah (Raperda)  yang telah di jadwalkan Selasa (10/2) kemarin, batal dilaksanakan. Sebab, sidang tak memenuhi kuorum 2/3 dari jumlah anggota DPRD atau tidak mencapai 13 anggota, dengan asumsi jumlah seluruh anggota DPRD sebanyak 20 orang.
Wakil Ketua DPRD Belitung Isyak Meirobie ketika dimintai  konfirmasi tentang tertundanya rapat ini, mebenarkan. Dia menyataka tak hau alasan ketidakhadiran anggota DPRD dalam rapat tersebut.
“Karena jadwal paripurna saat ini menggunakan waktu luang yang sempit di antara kunjungan Komisi. Kemungkinan diundur hingga bulan Maret 2015 mendatang,” kata politisi yang akrab disapa Cak Robie itu.
Cak Robie menjelaskan, paripurna DPRD sesuai Peraturan tata tertib DPRD No 1 tahun 2014, seharusnya tetap dilaksanakan, walaupun tidak kuorum. Maka rapat harus dibuka oleh pimpinan lain yang hadir.  “Apabila tetap tidak kuorum, maka rapat ditunda beberapa saat dan dapat dibuka kembali. Apabila juga tidak mencapai kuorum, maka rapat ditunda dan di jadwalkan kembali,” terangnya.
Cak Robie menambahkan, penjadwalan rapat paripurna yang tertunda harus di bawa ke dalam forum badan musyawarah (Bamus). Sementara itu, Anggota DPRD Belitung yang juga Ketua Fraksi Partai  Amanat Pembangunan Sejahtera, Saryadi saat dihubungi via telpon untuk dimintai keterangan, nomor telponnya sedang tidak aktif dan berada di luar jangkauan. Demikian juga Mintet Anggota DPRD asal Fraksi Partai Hanura, juga tak bisa dihubungi nomor teleponnya.(mg2)

Baca Juga:  Revitalisasi Desa Sijuk Punya Daya Tarik Wisata Heritage

Rate this article!
Tags:
author

Author: