Takbir di Tanjungbinga Meriah

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

Allahu akbar.. Allahu akbar.. Allahu Akbar… Laa ilaaha illallahu wallahu akbar..

Allahu akbar walillaahil hamd..

 SIJUK- Lafadz diatas terngiang seantero Kampong Nelayan Tanjung Binga. Malam Lebaran, 16 Juli 2015 lalu, mahasiswa KKN UGM bersama Takmir Masjid Al-Huda mengadakan Takbir Keliling memutari seluruh dusun di Tanjung Binga.

Tradisi ini dimunculkan kembali setelah menghilang beberapa tahun. Acara takbir keliling ini disambut baik oleh warga, terbukti dengan banyaknya partisipasi warga dan anak-anak yang ikut meramaikan acara ini. Dimulai setelah sholat Isya, tiga mobil pick-up ditambah dua mobil warga dan beberapa motor telah siap di depan Masjid Al-Huda. Start dari Masjid Al-Huda mengitari kampung Bugis, dusun pantai selatan, Dusun Timur Jaya, masuk ke jalan-jalan kecil di wilayah kampong Melayu. Sekitar satu setengah jam takbir keliling ini memutari Tanjung Binga.

Baca Juga:  Polres Belitung Bagikan Ratusan Takjil Gratis

Tabuhan bedug dan lafadz takbir merdu serirama terdengung sepanjang perjalanan mengitari Tanjung Binga. Terlihat senyum-senyum warga merekah ketika rombongan takbir keliling melewati depan rumah mereka. Senang rasanya melihat antusiasme dan penerimaan warga terhadap acara ini. Apalagi puluhan anak kecil telah siap sejak sore menunggu untuk ikut berkeliling dan menyanyikan lafadz takbir.

Baca Juga:  Harga Bahan Pokok Masih Stabil

Dengan menggunakan bambu dan kain seadanya, obor-obor dinyalakan untuk melengkapi kemeriahan malam itu. Semua warga Melayu dan Bugis dari segala usia, serta para mahasiswa KKN UGM menjadi satu dalam lafadz takbir dan euforia takbiran. Acara semacam ini perlu diadakan untuk menjalin dan mempererat tali silaturahmi antar warga desa. Tradisi takbiran ini memperkaya budaya warga Tanjung Binga. Kekompakan warga desa serta turut andil partisipasi dalam seluruh kegiatan desa memberikan nilai tambah tersendiri bagi desa Tanjung Binga.(agu/kkn)

Rate this article!
Tags:
author

Author: