Takjil Berwarna Ngejreng, Pantas Dicurigai

by -1 views

TANJUNGPANDAN – Jelang buka puasa penjual takjil buka puasa dadakan bejejer disepanjang jalan utama Tanjungpandan. Mereka menjual bermacam-macam mulai dari kue kering, kue basah, es, dan lauk.

Kasi Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Sunaryo mengatakan dinkes hingga hari ini belum melakukan pengecekan. Biasanya setiap tahun dinkes bersama Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) turun.

“Memang kami belum turun, dalam waktu dekat ini pasti kami turun. Kami masih nunggu juga jadwal dari Balai Pom,” kata Sunaryo di ruang kerjanya, Selasa (7/6) kemarin.

Penjual takjil di Belitung, kata dia jujur. Jarang terjadi kecurangan, misalnya menggunakan zat berbahaya pada makanan. “Iya kalau dulu-dulu iya ada. Tapi sekarang saya rasa ndak la, contohnya tahun kemarin,” ujarnya.

Meski begitu, ia meminta masyarakat mencurigai makanan yang berwarna ngejreng. Biasanya makanan seperti itu mengandung rhodamin B. “Paling cuma itu, kalau warnanya agak lain, ngejrenglah bahasanya, itu patut dicurigai,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung dr Suhandri SpoG mengatakan belum ada jadwal kapan pengecekan takjil buka puasa. Namun ia akan menjadwalkan pengecekan ke lapangan melalui stafnya di luar jadwal BPOM. “Yang pasti dalam waktu dekat ini akan saya perintahkan staf dinkes ke lapangan,” ujarnya. (ade)