Tanggal Pelaksanaan Pilkades Masih Tunggu SK Bupati Belitung

by -
Tanggal Pelaksanaan Pilkades Masih Tunggu SK Bupati Belitung
Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Antonio Afriza.

 

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD) Kabupaten Belitung Antonio Afriza mengatakan, untuk surat suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun 2020 saat ini masih dalam proses pengerjaan.

“Untuk proses surat suara, masih dalam proses pengerjaan. Nanti akan selesai pada pertengahan bulan Agustus 2020 mendatang,” jelas Antonio Afriza kepada Belitong Ekspres Kamis (23/7).

Dia menjelaskan, pada pekan depan pihaknya akan mengundang Tim Fasilitas Kabupaten, Forkopimda dan juga Tim Gugus Tugas untuk menjelaskan tentang protokol kesehatan selama Pilkades. Baik itu di TPS maupun saat masa kampanye Pilkades.

“Untuk tanggal pelaksanaan Pilkades sendiri, kita masih menunggu SK dari Bupati Belitung. Jadi belum bisa kita pastikan tanggalnya. Awalnya akan dilangsungkan pada tanggal 30 Agustus sampai 6 September mendatang,” ujarnya.

Dikatakannya, Pilkades Serentak pada tahun 2020 ini akan dilangsungkan di 15 desa di Kabupaten Belitung. Mulai dari Desa Keciput, Desa Kacang Butor, Desa Gual, Desa Petaling, Desa Selat Nasik, Desa Pulau Gersik, Desa Kembiri, Desa Simpang Rusa, Desa Lassar, Desa Bantan, Desa Membalong, Desa Gunung Riting dan Desa Mentigi.

“Kita juga, sudah menyusun rancangan untuk protokol kesehatan selama Pilkades dilaksanakan. Dimana protokol tersebut merupakan turunan dari Perbup No 23 Tahun 2020,” terang Antonio

Dia menambahkan, protokol tersebut seperti pelaksanaan rapat selama Pilkades kemudian pada saat pemilihan, pemilih wajib diperiksa suhu, mencuci tangan dan TPS harus dilakukan diruangan atau tempat yang terbuka. Ini sebagai upaya untuk pencegahan dan menghindari sumber penyebaran Covid-19.

“Jumlah pemilih di ruang tunggu juga kita batasi, agar tidak terjadi penumpukan lantas untuk masa kampanye dilaksanakan selama tiga hari sebelum hari tenang Pilkades,” tutup Antonio. (rez)