Tanjung Batu Diproyeksikan Pelabuhan Produk Label Halal

by -

TANJUNGPANDAN-Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) mengatakan, pelabuhan Tanjung Batu sedang diupayakan menjadi pelabuhan predikat halal. Nantinya Pelabuhan Tanjung Batu berwenang mengeluarkan predikat halal.  Jadi setiap produk makanan dan minuman yang keluar masuk dari Tanjung Batu dipastikan halal dan diberi tanda khusus.
“Jadi ekspor sudah ada lebel merk halal. Insyaallah timnya akan turun,” kata Sanem pekan lalu saat membuka acara kuliah umum MEA 2015.
Kata Sanem, pelabuhan predikat halal di dunia saat ini sudah ada enam. Ia mengupayakan bersama tim dari pusat agar pelabuhan di Belitung juga mendapat predikat itu. Sanem mengatakan, jika terwujud maka Belitung menjadi pelabuhan yang ke tujuh di dunia. “Jadi barang makanan kumpul di Tanjung Batu bermerk halal,” tukasnya.
Tentunya kata Sanem hal itu butuh proses. Apalagi saat ini pelabuhan masih dalam pembenahan usai diresmikan oleh Presiden Jokowi. Namun ia yakin itu pasti bisa. Apalagi di negara Eropa sudah ada pelabuhan yang memiliki sertifikasi halal seperti Belgia.(ade)