Tanjung Binga Layak Dibangun Pelabuhan Perikanan

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*Air Laut Saat Surut Tak Dangkal, Bisa Tingkatkan Potensi Perikanan dan Kelautan

foto A- pelabuhan perikanan tjpandan
foto: dok BE
Kawasan Pelabuhan di Tanjungpandan yang mulai membludak alias overload.

TANJUNGPANDAN-Belitung butuh sebuah pelabuhan perikanan yang bagus untuk nelayan. Salah satu lokasi yang strategis untuk membuat pelabuhan nelayan adalah di Desa Tanjung Binga.
Hal ini dikatakan oleh Kepala Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan  (PSDKP) Tanjungpandan, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Pribadi Wahono di ruang kerjanya, Kamis (11/2) kemarin.
Menurutnya, mumpung pemerintah sekarang fokus ingin membangun tol laut dan fokus terhadap kemaritiman, hal ini harusnya ditanggapi serius oleh pemerintah daerah. “Bagi saya di Tanjung Binga itu bagus dibangunkan pelabuhan untuk nelayan,” kata Pribadi.
Lokasi kampung nelayan Tanjung Binga strategis karena disana mayoritas penduduk adalah nelayan. Sedangkan menurutnya pelabuhan saat ini pelabuhan alami masyarakat. Melalui dana APBN bisa saja diusulkan untuk pembangunan pelabuhan. “Sangat jelas sekali perekonomian pasti akan lebih kuat,” ujarnya.
Pelabuhan yang ada di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN)  dan Pelabuhan Baro sudah membludak akibat terlalu banyak kapal nelayan. Akhirnya banyak kapal nelayan sulit merapat. Dua pelabuhan itu sulit dikembangkan,’’ tukasnya.
Sementara menurutnya jika di Tanjung Binga alurnya tidak terlalu dangkat jika air laut surut. Selain menyebut itu, potensi industri perikanan di Tanjung Binga pasti akan hidup. Misalnya ikan asin, terasi, dan lainnya. “Saya kira menurut pikiran saya begitu,” pungkasnya. (ade)

Baca Juga:  Gara-Gara Dispenser, Rumah Nelayan Ludes
Tags:
author

Author: