Tanjungpendam Dinilai Mulai Kumuh

by -

*Bikin Pengunjung Pusing Pala Barbie, Parkir Juga Kacau

*Kepala UPTD Nyatakan Sudah Atur, Tapi Ada yang Nakal

TANJUNGPANDAN-Kondisi Taman Hiburan Pantai Tanjungpendam yang mulai tak tertata rapi, dikritisi oleh DPRD Belitung. Anggota DPRD Kabupaten Belitung dari Fraksi Gerakan Kebangkita Demokrat (GKD) Wahyu Affandi mengatakan, Pantai Tanjungpendam perlu dilakukan pembenahan. Objek wisata yang paling dekat dengan kota tersebut, perlu dibuatkan masterplan agar tidak terlihat kumuh.

Terutama, kata dia, tentang perparkirannya. Motor dan mobil seenaknya parkir di sisi kanan dan kiri jalan. Akhirnya mengganggu pengendara yang ingin lewat yang juga sama-sama pengunjung dan membayar retribusi. “Ketika kita berkunjung ke Tanjungpendam. Anak saya bilang pusing pala barbie,” ujar Wahyu, Selasa (15/9) kemarin.

Terpisah Kepala UPTD Tanjungpendam Sugianto mengatakan selalu berupaya membuat pengunjung nyaman. Terkait parkir, UPTD Tanjungpendam senantiasa memberikan teguran pada pengunjung yang parkir sembarangan.

“Kita sudah berusaha untuk menertibkan setiap kendaraan, mensosialisasi ke pengunjun secara persuasif,” kata Sugianto, Rabu (16) di ruang kerjanya.

Mengingat Tanjungpendam sempit, pihak UPTD mengupayakan ke pengunjung agar parkir dikanan jalan atau masuk di area kantin. Meski kadang-kadang ada yang nakal parkir kiri kanan sehingga kacau. “Selama ini kita upayakan agar parkir dilahan kosong itu. Jadi yang sebela kiri itu dapat dilalui kendaraan,” ujarnya.

Sugianto juga menjelaskan, bahwa pada hari-hari tertentu UPTD memasang portal. Fungsi untuk mengalihkan agar pengunjung parkir dilahan kosong dekat panggung hiburan dan panggung seni.

“Pada hari-hari ramai kami upayakan semua kendaraan di parkir di tempat yang disediakan. Silahkan pengunjung parkir disitu memarkirkan kendaraannya,” pungkasnya. (ade)