Targetkan Retribusi Reklame Rp3 Miliar

by -

PANGKALPINANG – Kepala Dinas Tata Kota (Distako) Kota Pangkalpinang Izwarhadi, menargetkan pendapatan yang mereka terima dari retribusi reklame yang ada di Kota Pangkalpinang pada tahun 2015 sebesar Rp3 miliar. Angka ini naik signifikan jika dibandingkan tahun 2012 lalu yang hanya Rp 1,3 miliar.
“Tahun ini mudah-mudahan target kita tercapai, karena kalau walikota berani menaikkan insentif berarti PAD (Pendapatan Asli Daerah,red) kita meningkat,” ujarnya saat ditemui wartawan, Rabu (18/3) kemarin.
Izwarhadi menambahkan, terkait reklame sejauh ini pihaknya belum menemui masalah. Walaupun sebelumnya untuk retribusi reklame diambil alih oleh BPPKAD tapi pada Februari ini retribusi telah diambil alih oleh Distako dalam hal perizinan dan pendapatan retribusi.
Lanjut Izwarhadi, untuk proses pembuatan izin pemasangan reklame tidak lebih dari tiga hari dan paling lambat ditegaskannya proses  perizinan hanya memakan waktu selama 14 hari. Itu menurutnya dikarenakan belum lengkapnya persyaratan. “Cukup tiga hari selesai izinnya dan paling lama pun 14 hari. Kita keluarkan sesuai dengan SOP kita, selagi meraka memenui SOP-nya, dan bertempat ditempat yang tidak dilarang,” jelasnya.
Pengolaan dan pemeliharaan reklame, jelas dia, sepenuhnya diserahkan ke pihak ketiga. Sementara pihaknya hanya memberikan izin. Hanya saja, dia belum bisa menyebutkan secara pasti, berapa realisasi retribusi reklame di tahun lalu yang mereka terima.
Masih katanya, lama izin yang diberi tergantung permintaan dari pemasangan reklame tersebut. Kata dia, paling lama satu minggu sampai 3 minggu. “Saya harap kita sama-sama untuk menjaga reklame yang sudah dipasang. Jangan sampai satu hari kita pasang sudah hilang, ini tanggung jawab kita bersama,” tandasnya. (cr61)