Tari “Resah” Nofar Rizki Antarkan SMA Negeri 1 Manggar Raih Juara

by -
Tari “Resah” Nofar Rizki Antarkan SMA Negeri 1 Manggar Raih Juara
Siswa SMAN 1 Manggar, Nofar Rizki

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Pusat Prestasi Nasional Kemdikbud mengumumkan nama-nama pemenang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SMA tingkat provinsi, Rabu (23/9).

Acara yang dilakukan secara daring tersebut berlangsung secara daring dengan sembilan bidang seni yaitu baca puisi, gitar solo, monolog, tari kreasi, vokal solo, desain poster, film pendek, kriya, dan komik digital.

FLS2N jenjang SMA tingkat provinsi pada tahun ini mencatat peserta sebanyak 12.879 (dua belas ribu delapan ratus tujuh puluh sembilan) peserta yang berasal dari 34 (tiga puluh empat) Provinsi dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).

Setelah dilakukan penilaian oleh juri, didapatkan nama-nama pemenang dari sembilan bidang seni yang dipertandingkan. Patut berbangga dan bersyukur, SMA Negeri 1 Manggar kembali menorehkan prestasi.

Cabang seni tari kreasi yang dibawakan oleh Nofar Rizki berhasil menjadi juara tingkat provinsi. Kecintaannya dengan dunia tari dan bantuan dari pembimbing dan pembina membuatnya berhasil menarikan tari kreasi dengan baik.

Tim tari kreasi SMA Negeri 1 Manggar secara khusus mengangkat judul “Resah” yang sesuai dengan tema tari FLS2N tentang permasalahan siswa pada masa pandemi Covid-19. Tari tersebut menceritakan tentang kegiatan belajar di rumah tanpa dampingan seorang guru. Minimnya fasilitas serta sulitnya belajar tanpa guru layaknya disekolah membuat batin bergejolak.

Kejadian tersebut kemudian membuat jiwa menjadi resah, gamang dan serba salah yang berujung depresi. Akan tetapi, adanya usaha, kerja keras, dan kemajuan teknologi dijadikan solusi untuk belajar dimasa pandemi. Melalui simbol-simbol yg dituangkan melalui gerak, musik dan ekspresi, “Resah” menceritakan problematika dan solusi belajar di rumah saat masa pandemi.

Bukan hal yang mudah untuk dapat mencapai prestasi tersebut. Pembina (Indrayanti,S.Pd.) dan pelatih (Leonardo, S.Pd) sempat memiliki kesulitan tersendiri dalam mempresentasikan karya tersebut.

Hal ini dikarenakan semuanya dilakukan secara daring dan tanpa adanya interaksi dengan audiens. Namun demikian, Indrayanti mengaku bahwa prestasi ini adalah prestasi tertinggi dalam sejarah tari kreasi FLS2N SMA Negeri 1 Manggar. Dia juga mengaku bersyukur atas prestasi yang didapatkan.

“Alhamdulillah ini adalah prestasi tertinggi SMAN 1 Manggar dalam tari kreasi FLS2N,” ujar Indrayanti. Dia juga sangat mengapresiasi seluruh pihak yang telah membantu. “Peran pihak sekolah, alumni, Sanggar Pinang Gading serta tim kameramen SMAN 1 Manggar juga membantu dalam proses karya tersebut,” pungkasnya.

Senada dengan pembinanya, Nofar Rizki juga mengucapkan terima kasih yang sebesarnya untuk semua pihak yang mendukung. “Sebelumnya terima kasih kepada semua yang telah orang tua, guru, teman-teman dan koreografer yang telah memberikan dukungan,” ucap Nofar.

Sempat merasa gugup sebelum pengumuman, Nofar mengaku proses latihan yang kurang lebih dua minggu terbayar lunas hari ini. Siswa kelas XII IPA yang juga ketua OSIS SMA Negeri 1 Manggar periode 2019/2020 tersebut juga bersyukur atas prestasi yang didapatkan.

“Alhamdulillah di tahun ini saya bisa memberikan yang terbaik untuk SMA Negeri 1 Manggar dalam ajang FLS2N bidang lomba seni tari. Saya juga sangat bahagia, dan senang karena akhirnya bisa menampilkan yang terbaik,” ujarnya.

Menutup wawancaranya, Nofar mengharap doa agar ia kembali dapat membawa nama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk Berjaya di tingkat nasional. “Semoga saya bisa menjadi yang terbaik lagi ditingkat nasional dan membawa nama baik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung lewat lomba cabang tari kreasi,” tutupnya.

Kepala SMA Negeri 1 Manggar, Sabarudin tidak hentinya mengucap syukur atas capaian prestasi yang didapatkan. Dia mengaku prestasi tersebut merupakan rangkaian kado 40 tahun SMA Negeri 1 Manggar dan tepat satu tahun beliau memimpin sekolah ini.

“Dua hari ini saya benar-benar bahagia. Kemarin dua siswa SMA Negeri 1 Manggar menang lomba pidato, dan sekarang menang lomba tari kreasi FLS2N 2020 tingkat provinsi. Sungguh ini anugerah yang yang luar biasa,” ucap Sabarudin.

Namun demikian, Sabarudin berharap banyaknya prestasi ini tidak membuat warga SMA Negeri 1 Manggar berpuas diri. “Prestasi-prestasi ini adalah awal untuk prestasi berikutnya. Saya harap semuanya tetap dalam semangat yang tinggi untuk berprestasi,” pungkasnya. (rel)