Tato Toto Terekam CCTV

by -

*Pelaku Pencurian ini, Jadi Bulan-bulan Massa

PANGKALPINANG – Sepintar-pintar tupai meloncat pasti terjatuh juga. Itulah kata pepatah yang sesuai disematkan terhadap Karnoto alias Toto (19).
Warga jalan Kiai Abdul Hamid kelurahan Rawa Bangun kecamatan Taman Sari kota Pangkalpinang ini menjadi bulan-bulanan massa setelah ditangkap petugas Pos Kamling (keamanan lingkungan), Rabu (5/8) pukul 23.00 WIB. Beruntung, Satuan Buru Sergap (Buser) Polsek Taman Sari yang dipimpin Bripka Andi Lesmana cepat tiba dilokasi dan mengamankan Toto dari amukan massa.
Dari keterangannya kepada petugas Polsek Taman Sari, Toto merupakan pelaku pencurian di Rumah Makan (RM) Ayam Judes yang terletak di Jalan Abdullah Addary, Kelurahan Rawabangun, Kecamatan Taman Sari Pangkalpinang, Rabu (5/8). Tanpa disadari, aksi Toto rupanya terekam CCTV.
Dari rekaman CCTV terlihat di tangan kiri pelaku bertuliskan 17 Oktober 95. Berbekal tato itulah kemudian warga langsung melakukan pencarian di seputaran kelurahan Rawa Bangun.
Toto yang notabene termasuk warga kelurahan Rawabangun, dengan mudah didapatkan warga. Beberapa warga yang merasa mengenali tato itu juga sempat menyebutkan nama Toto sebagai pelaku.
Tak mau hanya sekedar menuduh, beberapa warga dan petugas pos memanggil Toto untuk memastikan kebenarannya. Benar saja, tato di tangan kiri Toto sama persis seperti yang terpampang di CCTV. Bahkan, dalam rekaman itu juga terpamgpang jelas wajah Toto. Beberapa warga yang kesal pun langsung memukuli Toto.
Ditanyai keberadaan barang hasil curiannya, Toto mengaku menyimpannya di Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Azizah kelurahan Rawa Bangun. Saat diperiksa di lokasi yang dimaksud, petugas mendapati barang bukti tersimpan di sebuah lemari. Dalam tas berwarna Orange, ditemukan satu unit handphone Samsung Galaxy V warna hitam casing motif kembang warna ungu berikut charger, satu unit handphone merk Oppo Neo 5 warna biru hitam berikut charger. Selain itu, petugas juga menemukan satu paket sabu-sabu ukuran kecil.
Toto mengaku nekat mencuri untuk membantu kebutuhan keluarganya. Residivis curat di tahun 2014 ini pun mengaku dirinya sangat menyesali perbuatannya hingga harus berurusan dengan pihak kepolisian.
Ketua Pos Kamling, Holi kepada Radar Bangka di Mapolsek Taman Sari mengatakayn sebelum penangkapan tersangka, Ia serta beberapa warga didampingi Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat(Babinkamtibmas), Briptu Erick Jone Siagian mengecek rekaman CCTV di Rumah Makan (RM) Ayam Judes.
“Saat melihat rekaman Cctv di rumah makan Ayam Judes, kami melihat ciri-ciri yang sama dengan dia (Toto). Kami pun langsung mengamankan pelaku dan dibawa ke Pos Kamling untuk dimintai keterangan. Rupanya pelakumengaku. Mendengar pengakuan itu warga lainnya geram dan langsung menghajar pelaku,” ucapnya.
Kapolsek Taman Sari Kompol Nur Samsi saat dikonfirmasi Radar Bangka, Kamis (6/8) berterimakasih kepada warga yang terlebih dahulu mengamankan tersangka.
“Tersangka telah kita amankan untuk menjalani proses penyidikan dan pengembangan lebih lanjut,” pungkasnya. (Ode)