Taufik: Korban Bencana Berhak Dapat Bantuan

by -

TANJUNGPANDAN-Musibah angin puting beliung yang menimpa Dusun II Air Rembikang, Desa Air Seruk, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. pekan lalu, berdampak   cukup besar bagi kehidupan masyarakat sekitar. Kerugian harta tentu dirasakan warga korban, selain trauma pasti masih mengganggu warga.

“Situasi  ini harus mendapat perhatian  khusus dari Pemerintah Kabupaten Belitung. Mengacu pada Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, dan pasal 60 UU Nomor 24 Tahun 2007. Pada dasarnya, dana penanggulangan bencana menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah dan pemerintah daerah. Pemerintah dan pemerintah daerah juga mendorong partisipasi masyarakat di dalamnya,’’ kata Ketua DPRD Belitung Taufik Rizani kepada BE, kemarin.

Taufik mengatakan, tahun 2015 ini  anggaran bencana alam mencapai Rp 3 milair. Puting beliung adalah salah satu peristiwa bencana alam yang terjadi karena faktor alam. Jadi, dana yang Rp 3 miliar itu, termasuk dana force majeur, sehingga boleh digunakan untuk korban bencana puting beliung.

Dijelaskan, dana anggaran itu emang sudah tersedia di SKPD Kesbangpol yang mewadahi Badan Penanggulangan  Bencana Daerah (BPBD) Kab Belitung. Dan dana ini dapat digunakan kapan saja,  terutama untuk musibah yang di sebabkan oleh  bencana alam, seperti yang terjadi di Dusun II Air Rembikang, Desa Air Seruk, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Harus diakui, beberapa bencana yang terjadi seperti puting beliung dan kebakaran hutan yang berlangsung beberapa bulan kemarin tentu memberikan kerugian cukup besar terhadap lingkungan. Selain itu, dampak psikologi serta  kerugian harta benda tentu akan mempengaruhi aktivitas masyarakat sekitar.(mg1)