Tegaskan Insentif Honorer Sudah Dicairkan

by -

PANGKALPINANG – Banyaknya keluhan tenaga pengajar non PNS atau honorer terkait keterlambatan pencairan insentif mereka ternyata bertolak belakang dari pernyataan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Bangka Belitung (Babel). Mereka menyatakan bahwa semua pencairan insentif tenaga honorer sudah dicairkan.
“Anggaran untuk pembayaran insentif guru non PNS kabupaten/kota sudah disalurkan ke sekolah masing-masing. Tinggal sekolahnya saja yang mencairkan dan melakukan pembayaran kepada yang berhak menerimanya sesuai petunjuk tehnis yang ada,” ujar Kepala Disdik Babel, M.Soleh, Jumat (20/03) kemarin.
Karena semua anggaran insentif sudah disalurkan, M.Soleh menghimbau semua sekolah untuk tidak menunda pencairan. “Pencairan dana itu hak sekolah masing-masing, Saya harap sekolah tidak menundanya, dan bila ada yang tidak menerima, mungkin namanya belum masuk data Pokok Pendidikan (dapodik), karena pembayaran insentif kita berpatok pada dapodik,” terang Soleh.
Masih adanya tenaga pengajar non PNS yang belum menerima insentif, menurut Soleh selain belum terdata di dapodik, itu karena tenaga pengajar non PNS itu masih baru sehingga belum terdata. “Seyogyanya jika data pokok pendidikan falid, maka tidak ada alasan insentif guru honorer belum di bayar. Dan yang sering terjadi saat ini karena perekrutan guru honor baru tidak terakomodir oleh kita, sehingga mereka juga tidak terdata di dapodik,” jelasnya.
Oleh sebab itu pula, M.Soleh berharap sekolah-sekolah yang ada di Babel, baik tingkat SD,SMP maupun SMA/SMK dapat meminimalisir dulu sebelum merekrut tenaga pengajar baru. “Perekrutan guru baru yang tidak selektif di sekolah banyak terjadi karena jam mengajarnya kurang dari jam yang seharusnya ditetapkan, Saya harap sekolah lebih bijak melihat hal ini,” pungkasnya. (eza)