Telkomsel Luncurkan E-SIHAT

by -
Telkomsel Luncurkan E-SIHAT
Telkomsel saat melaucing E- SIHAT beberapa waktu lalu. (Foto: ISTIMEWA)

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Guna menekan angka kasus stunting di Belitung Timur, Telkomsel hadirkan aplikasi E-SIHAT BELITUNG. Aplikasi ini bertujuan untuk monitor, mengefektifkan solusi dari sejumlah permasalahan kesehatan ibu hamil, bayi, dan balita di wilayah Belitung Timur.

Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki angka kasus stunting pada anak yang tinggi, sekitar 27,67%.

Stunting, kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak), banyak terjadi akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama, dan tidak termonitoring oleh pemerintah.

Sebagai digital telco company, Telkomsel berupaya menghadirkan solusi digital. Yakni untuk membantu pemerintah daerah mengatasi permasalahan tersebut, dengan menghadirkan aplikasi E-SIHAT BELITUNG.

Direktur Sales Telkomsel, Ririn Widaryani, mengatakan, aplikasi E-SIHAT BELITUNG merupakan salah satu bentuk sumbangsih dari aksi corporate social responsibility (CSR) yang dilakukan oleh Telkomsel.

Yakni membantu pemerintah daerah (Pemda) dalam melakukan monitor, mengefektifkan solusi dari sejumlah permasalahan kesehatan ibu hamil, bayi dan balita di wilayah Belitung Timur.

“Aplikasi ini akan menghadirkan data kesehatan secara realtime. Sehingga pemerintah dapat mengambil tindakan pencegahan khususnya stunting pada anak usia dini,” kata Ririn melalui Pers Rilisnya.

Ririn menjelaskan, melalui aplikasi ini, Telkomsel mendorong akselerasi dalam menciptakan ekosistem digital untuk keseharian masyarakat, termasuk di Belitung Timur.

“Melalui aplikasi ini, petugas yang sebelumnya melakukan pencatatan secara manual akan beralih ke pencatatan digital,” jelasnya.

“Dengan data digital yang bersifat realtime diharapkan akan akan membantu petugas kesehatan mengambil tindakan pencegahan dengan cepat dan akurat untuk mencegah stunting pada anak,”sambungnya. (rel)

Editor: Subrata