Temukan 5 Pengidap HIV

by -

MANGGAR – Sepanjang tahun 2015, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menemukan lima orang positif mengidap TB – HIV, terdiri dari dua perempuan dan tiga laki-laki.

“Sejauh ini total yang kita pantau sebanyak 15 orang (pengidap, red) secara keseluruhan,” ungkap Kepala Seksi Pencegahan Pemberantasan Penyakit Menular, Gunawan Setiadi, saat ditemui Belitong Ekspres, di ruang kerjanya, Selasa (1/12) kemarin.

Dikatakan Gunawan, pengidap HIV di Kabupaten Beltim tetap dipantau dan diberikan pengobatan rutin. Bahkan, Gunawan mengakui bagi pengidap diberikan perlakuan khusus.

“Kami tetap melakukan pemantauan sampai sekarang. Seperti rutin apa nggak mereka minum obat. Memang sekarang pengobatannya kita masih di Tanjungpandan, tapi terkadang obat kita antar ke rumah (pengidap) langsung,” ujar Gunawan, sembari mengingatkan bahwa 1 Desember adalah hari AIDS sedunia.

Dikatakan Gunawan, Dinas Kesehatan melalui RSUD dan Puskesmas telah menyediakan VCT (voluntre consuling test) khusus pemeriksaan.

“Siapa saja boleh periksa disitu, di Puskesmas Manggar juga ada IMS (Infeksi Menular Seksual). Siapa saja boleh periksa, jangan takut dan identitas tidak akan dibongkar,” sebut Gunawan.

Ia menambahkan, tes HIV sama dengan tes darah. Tetapi tes HIV perlu adanya kesediaan pasien. Kemudian, pasien akan diberikan pemahaman. Diakuinya, kesadaran masyarakat untuk melakukan tes HIV masih rendah.

“Kesadaran masyarakat masih rendah. Mereka takut memeriksakan atau melakukan tes HIV, karena takut dan secara psikologis memang mempengaruhi pasien. Tetapi selama ini rasanya kita selalu memberikan penyuluhan baik di sekolah dan masyarakat,” jelas Gunawan.

“Di lingkungan kami, pekerja kesehatan resiko tinggi tertular. Langsung berhadapan dengan pasien, sementara kebijakan harus dirahasiakan (pengidap HIV),” tandasnya.

Terinfeksi HIV bukanlah vonis mati. AIDS dapat dicegah dengan pengobatan anti-retroviral atau ARV. Pengobatan ARV menekan dan mengendalikan laju perkembangan HIV didalam tubuh. Sehingga orang dengan infeksi HIV dapat kembali “sehat atau bebas gejala” dan tetap produktif serta beraktivitas seperti biasa.

Walaupun belum ada obat yang dapat menyembuhkan HIV dan AIDS, namun HIV dapat dikendalikan dengan ARV lebih dini segera setelah dinyatakan terinfeksi. Semakin cepat memulai minum ARV, semakin baik. Selain itu, ketaatan minum ARV juga dapat membantu untuk dapat tetap produktif di sepanjang hidupnya. (feb)