Terbangi Belitung, Wings Air ke Bandung, Air Asia ke Malaysia

Air Asia

Ilustrasi Pesawat Air Asia

Wisata Belitong Kian Menggeliat

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Sebagai daerah tujuan wisata, Pulau Belitung terus tumbuh menjadi daerah yang berkembang dan menjadi target sejumlah maskapai penerbangan di Indonesia.

RajaBackLink.com

Sebelumnya ada maskapai Wings Air yang membuka rute baru ke Tanjungpandan, Belitung, hal yang sama juga bakal dilakukan oleh maskapai Air Asia.

Jika Wings Air membuka penerbangan Belitung-Bandung, maka Air Asia akan membuka rute baru dengan tujuan Jakarta (CGK) ke Tanjungpandan Belitung (TJQ) dan Kuala Lumpur (KUL) Malaysia.

“Kami di pemerintah daerah sebelumnya sudah melakukan MoU dengan pihak Air Asia. Dengan proses yang cukup panjang akhirnya Air Asia mendapatkan izin dan segera akan mengudara dengan rute ke Tanjungpandan,” ujar Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie kepada Belitong Ekspres, Kamis (8/8) kemarin.

Menurutnya, maskapai Air Asia merupakan maskapai penerbangan yang memiliki brand terkenal di Asia dengan harga yang kompetitif dan low-cost carrier. Dan, peluang itu akan memberikan kesempatan menjadikan Belitung sebagai destinasi unggulan di dunia.

“Jika Air Asia masuk ke Belitung, itu pertanda Belitung memiliki segudang potensi. Dan hal itu tentunya harus menjadi semangat kita untuk berbenah,” kata Isyak.

Baca Juga:  Penerbangan Air Asia Sinyal Bagus Bagi Pariwisata Belitung

Dikatakannya, secara akses potensi wisatawan untuk datang ke Belitung sangat terbuka lebar. Apalagi dengan adanya penerbangan secara permanen dari Jakarta ke Belitung dan Belitung ke Kuala Lumpur begitu juga sebaliknya.

“Satu minggu empat kali penerbangan hal itu tentu sangat fantastis. Apa lagi Air Asia kita tahu low-cost carrier. Jadi wisatawan yang ingin ke Belitung bisa menghemat ongkosnya,” ungkapnya.

Dengan kehadiran Air Asia tentunya wisatawan mangkin banyak yang akan datang ke Belitung baik wisatawan nusantara maupun mancanegara dan kompetisi airline akan lebih kompetitif.

“Tentunya kita harus lebih bekerja keras lagi dan kita punya tugas untuk menjaga keberlangsungan penerbangan ini. Bukan hanya 1 atau 4 kali penerbangan tetapi setiap hari dan itu artinya ada pertumbuhan pasar yang kita bangun bersamaan,” tutupnya.

Angin Segar Pariwisata Belitung

Dengan adanya penerbangan langsung dari Tanjungpandan – Kuala Lumpur Malaysia, membawa angin segar bagi kemajuan pariwisata yang ada di Negeri Laskar Pelangi.

Berdasarkan data yang diperoleh Pelaku Pariwisata di Belitung, pada tahun 2018 ada kurang lebih 450 wisatawan asal Negeri Jiran berkunjung atau berwisata di Pulau Belitung. Kemungkinan tahun 2019 bisa bertambah.

Ketua Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Belitung Erling membenarkan adanya kabar tersebut. Data itu didapat dari instansi yang ada di Negeri Laskar Pelangi. Pada tahun 2018 wisatawan Malaysia banyak berkunjung ke Belitung.

Baca Juga:  Pemkab Belitung & Air Asia Resmikan 2 Rute Penerbangan Baru

“Mereka transit dari Kuala Lumpur menuju ke Jakarta. Dari Jakarta langsung ke Tanjungpandan,” ujar Erling kepada Belitong Ekspres, Kamis (8/8) kemarin.

Menurut Erling, pada tahun 2019 dia memprediksi bisa bertambah. Sebab, beberapa pekan lalu ada sejumlah event internasional di Belitung. Seperti Triatlon Trifactor dan Kayak Maraton. Dan pesertanya ada yang dari Malaysia.

Adanya kabar penerbangan langsung dari Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin menuju Kuala Lumpur, disambut hangat oleh pelaku pariwisata Belitung. Bahkan pelaku pariwisata yang ada di Malaysia.

“Ada beberapa agen travel di Malaysia menghubungi kami. Mereka rencana mengajak kerjasama di bidang pariwisata. Yakni membawa wisatawan Malaysia berkunjung ke Belitung,” ungkapnya.

Erling menambahkan, dia optimis tahun depan akan banyak wisatawan mancanegara berkunjung ke Belitung. Menurutnya, Penerbangan dari Belitung ke Malaysia menjadi gerbang masuknya wisatawan asing berlibur ke Negeri Laskar Pelangi.

“Untuk rekan-rekan di Belitung menyambut baik. Rata-rata mereka memiliki link ke Malaysia. Jadi mereka tidak hanya membawa wisatawan lokal Malaysia. Melainkan juga membawa wisatawan mancanegara,” pungkasnya.(rez/kin)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply