Terbitkan 2.297 Sertifikat Gratis

by -

KOBA – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) segera merampungkan penerbitan 2.297 sertifikat tanah gratis. Sertifikat gratis tersebut diterbitkan melalui program nasional (prona) sebanyak 1.750 dan proda sebanyak 547 sertifikat.

“Selama Ramadhan kami akan merampungkan sebanyak 2.297 sertifikat tanah warga dan diberikan secara gratis jika sudah memenuhi syarat. Sertifikat ini akan dibagikan ke sejumlah desa setiap pekan selama Ramadhan, sehingga semuanya dirampungkan,” kata Kepala BPN Bateng Asnaedi, Minggu (5/6) kemarin.

Ia menegaskan pembuatan sertifikat tersebut tidak dipungut biaya atau gratis karena semuanya ditanggung pemerintah. “Kami kembali menekankan tidak ada biaya yang dikenakan kepada masyarakat yang akan mendapatkan sertifikat tanah, maka jangan percaya dengan adanya calo,” ujarnya.

Ia juga mengatakan pada 2017 BPN menargetkan menerbitkan sebanyak 3.000 sertifikat prona yang dibagikan kepada masyarakat setiap kecamatan. “Di Bangka Tengah juga dibebaskan bea perolehan hal atas tanah atau BPHTB karena sudah ditanggung pemerintah daerah, bagian upaya meringankan beban masyarakat,” ujarnya.(ant/rb)