Terkait Covid-19, Camat Manggar Minta Kades Laporkan Warga Datang

by -
Terkait Covid-19, Camat Manggar Minta Kades Laporkan Warga Datang
Camat Manggar Amirudin

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Camat Manggar Amirudin meminta para Kepala Desa menginstruksikan seluruh perangkatnya agar memantau kedatangan orang dan melaporkan kondisi wilayah masing-masing setiap hari.

Hal ini diungkapkan Amirudin ketika membahas kasus positif Covid-19 asal Toboali yang pernah singgah di Dusun Kampung Gunung Desa Lalang Jaya. “Saya minta seluruh Kades mengingatkan para RT maupun Kepala Dusun agar mendata orang data pada awal kedatangan,” ujar Amirudin, Rabu (17/6).

Ia menjelaskan warga yang baru datang harus didata kelengkapan dokumen dan diketahui tujuan kedatangannya. Misalnya mengunjungi keluarga atau mencari kerja. “RT harus proaktif jemput bola sebab banyak pendatang yang tidak melaporkan kedatangannya. Di situasi pandemi Covid saat ini, mereka harus lebih tanggap situasi,” harap Amirudin.

Amir meminta data yang diperoleh RT dapat diteruskan ke Kepala Desa dan dilaporkan kepada Camat. Nantinya laporan akan dianalisa dan ditindaklanjuti apabila ada warga pendatang khususnya dari zona merah. “Laporan Kades sangat penting, nanti diteruskan ke Camat untuk disampaikan ke Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten jika memang dianggap perlu diambil tindakan,” kata Amir.

Menurut Amir, sesuai protokol kesehatan ada mekanisme isolasi mandiri maupun karantina yang harus dipatuhi setiap orang datang. “Intinya penanganannya diserahkan ke Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten untuk isolasi mandiri atau karantina. Semuanya tentu dilakukan setelah ada rapid test yang menyatakan kondisi warga pendatang,” jelasnya.

Amir menambahkan, posko desa tetap diaktifkan dan menjadi pusat informasi bagi warga terkait pencegahan Covid-19 di wilayahnya. (msi)

Editor: Yudiansyah