Terkait Penanggulangan Banjir, Bupati Belitung Sudah Surati Gubernur

by -
Terkait Penanggulangan Banjir, Bupati Belitung Sudah Surati Gubernur
Bupati Belitung, H Sahani Saleh.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Bupati Belitung H Sahani Saleh menyatakan sudah menyurati Gubernur Provinsi Bangka Belitung  Erzaldi Rosman, terkait penanggulangan banjir, terutama yang melanda kawasan Desa Air Rayak, Kecamatan Tanjungpandan.

Dikatakan Bupati Belitung, dalam surat tersebut pihaknya menyampaikan tentang permintaan normalisasi Sungai Air Rayak. Sebab, kondisi aliran sungai pada daerah tersebut sudah mengalami pendangkalan.

“Ini semua mengalir ke Sungai Cerucuk sebagai hilirnya. Kondisi hilir itu sudah sempit, karena banyak “tailing”, ini kami minta dinormalisasikan hilir itu dulu,” kata Bupati Belitung yang karib disapa Sanem kepada Belitong Ekspres, Rabu (20/1) kemarin.

Menuruy Sanem, kewenengan normalisasi itu sudah berada di Provinsi Bangka Belitung, bukan lagi kewenangan Kabupaten Belitung.

“Makanya kami minta tahun ini lah aliran sungai yang di hilir itu dinormalisasikan. Di samping debit hujan atau volume air saat banjir itu tinggi, karena dari sana itu ngalirnya ke daerah itu lah,” paparnya.

Kemudian tambah Sanem, Pemerintah Kabupaten Belitung sudah merencanakan membuat talud permanen pada area perumahan warga yang terletak pada bantaran sungai, terutama di daerah Perumahan Billiton Regency.

“Misalkan di area perumahan Billiton Regency, itu nanti dibuat juga embung, karena itu luapan dari air sungai itu. Tapi pada embung ini juga dipasang pompa, jadi airnya tidak keluar ke aliran sungai dan ketika sudah penuh pada embung baru dibuang secara perlahan-lahan,” terangnya.

Namun demikian, kepastian pembangunan ini belum bisa dilakukan secara cepat, karena tahun 2021 ini harus dibuatkan perencanaan.

“Insyaallah mungkin pada tahun depan bisa terealisasi. Jadi kita blok (talud) nanti sepanjang kawasan yang ada pemukiman warga saja,” tandasnya. (dod)