Terlibat Pilkada, Camat Dinonjobkan

by -

*Hardi Ingin Camat Bersikap Netral dan Bekerja Penuh Tanggung Jawab

MANGGAR – Penjabat (Pj) Bupati Belitung Timur (Beltim), H Hardi menginginkan, semua Camat se Kabupaten Beltim, bisa bersikap netral pada pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2015. Jika tidak, Hardi akan mengambil sikap tegas dan sesegera mungkin meng-non-jobkan Camat tersebut.

 

“Jika esok terbukti ada Camat yang ikut mendukung salah satu calon pasangan Pemilukada, maka saya akan non-jobkan,” tegas Hardi, saat menghadiri coffee morning dengan semua pejabat Esselon II dan III dilingkungan SKPD se Kabupaten Beltim, di ruang Satu Hati Bangun Negeri (SHBN) lantai dasar Kantor Bupati Beltim, Senin (2/11) kemarin.

 

Karena itu, Hardi meminta kepada semua Camat agar tak bermain politik. Ia menginginkan agar bekerja dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab.

 

“Sekali lagi saya ingatkan kepada semua Camat di tujuh kecamatan, tidak usa ikut mendukung semua calon. Saya tak ingin adanya Camat yang terlibat. Bekerjalah dengan baik sesuai kinerja kita sebagai PNS dan tanggung jawab,” tegasnya kembali.

 

Pernyataan tegas yang disampaikan Hardi ini, menyikap himbauan Menteri Dalam Negeri Tjahyo, agar para camat bersikap netral pada pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak nanti.

 

Mendagri tidak ingin ada oknum camat melakukan manipulasi suara pada pelaksanaan pilkada tersebut. Sikap netralitas camat ini menjadi salah satu dari tiga Instruksi Mendagri.

 

Perintah netralitas ini penting karena tahun ini ada 260 kabupaten kota se-Indonesia yang melaksanakan Pilkada dan 9 provinsi.

Dua instruksi lagi yang disampaikan Mendagri adalah agar para camat dan jajaran pemerintahan memberi pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dan melakukan koordinasi dengan aparat kepolisian, TNI serta tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Dalam kesempatan itu, Hardi sempat mengabsen Camat mana saja yang hadir, ternyata dari tujuh Camat se Beltim, yang datang hanya ada 5 Camat, yakni Camat Gantung, Kelapa Kampit, Damar, Simpang Pesak dan Simpang Renggiang. Sedangkan dua Camat lainnya, Manggar dan Dendang berhalangan hadir. Bahkan Camat yang hadir dipisahkan tempat duduknya di antara Kepala SKPD oleh mantan Sekda Pangkal Pinang tersebut. (feb)