Terumbu Karang Buatan Perlu Diperbanyak

by -

// Ridwan Terpilih Aklamasi

SUNGAILIAT – Ketua Dewan Pengurus Daerah Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (DPD HNSI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Johan Murod menilai pemerintah daerah setempat perlu terus memperbanyak jumlah terumbu karang buatan di kawasan penangkapan ikan di daerah itu.
“Saya minta pemerintah daerah melalui dinas terkait terus memperbanyak jumlah terumbu karang buatan sebagai sarana bermainnya ikan-ikan di kawasan penangkapan,” katanya saat membuka musyawarah cabang HNSI Kabupaten Bangka, Minggu (19/4).
Menurut dia, terumbu karang buatan itu nantinya akan ditempati ribuan plankton sekaligus menjadi arena bermain ikan. Terumbu karang buatan itu sendiri berbahan dasar semen dan pasir serta didesain sedemikian rupa mirip kubah atau stupa yang berlubang. Ditinjau dari aspek konservasi, kata dia, terumbu karang mempunyai fungsi memelihara proses-proses ekologis dan sistem penyangga kehidupan di wilayah pesisir, laut dan pulau-pulau kecil, sekaligus menjadi habitat berbagai jenis biota sehingga berfungsi sebagai pengawetan keanekaragaman hayati dan plasma nutfah.
“Keberadaan terumbu karang selain sebagai tempat bermainnya ikan juga sebagai benteng alamiah yang melindungi pantai dari bahaya erosi dan abrasi karena mampu meredam energi gelombang sebelum mencapai pantai,” katanya. Dikatakan, ekosistem terumbu karang merupakan habitat berbagai biota laut bernilai ekonomis penting dalam menunjang perikanan tangkap.
“Secara langsung produktivitas penangkapan ikan di sekitar terumbu karang dan juga di laut lepas didukung oleh keberadaan ekosistem terumbu karang itu,” katanya.
Sementara, Musyawarah Cabang HNSI mengukuhkan Ridwan., A.md yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris HNSI Kabupaten Bangka menjadi Ketua HNSI Kabupaten Bangka periode 2015-2020. Ridwan menggantikan Ratno Daeng Mapiwalli yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua HNSI Bangka.
Pada Muscab HNSI Kabupaten Bangka periode 2015-2020 ini kandidat yang mencalonkan diri hanyalah Ridwan. Lantaran calonnya tunggul, maka secara aklamasi, Ridwan terpilih menjadi ketua HNSI periode 2015-2020. Atas terpilihnya Ridwan berjanji akan melakukan yang terbaik bagi HNSI dan kepada para nelayan. “Harapan saya terjadi akurasi kerukunan dan kekeluargaan persatuan antar sesama nelayan,” ucapnya.
Selain itu juga, banyak tugas ke depan yang menantinya, Ridwan juga akan berusaha memberikan yang terbaik kepada nelayan sesuai dengan apa yang ia harapkan. “Memberikan edukasi tentang segala bentuk masalah perikanan terhadap seluruh nelayan menciptakan kinerja ekonomi kreatif masyarakat nelayan yang suistanable,” tambahnya.(rif/ant/rb)