TI Rajuk Damar Telan Korban

by -

*Pekerja Tewas Dihantam Pondasi Mesin Tambang

MANGGAR -Kecelakaan tambang di wilayah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) kembali menelan korban nyawa. Peristiwa maut ini menimpa duda asal Palembang Sumatera Selatan (Sumsel), Dewa (23) di tambang inkovensional (TI) Rajuk Aik Teremdam, Desa Mengkubang Kecamatan Damar Beltim, Sabtu (14/11) kemarin.

 

Korban meninggal di lokasi setelah terseret roda banting mesin tambang, dan kepala bagian kanannya pecah menghantam pondasi mesin tambang tersebut.

 

Kapolres Beltim, AKPB Nugrah Trihadi S.ik, melalui Kasatreskrim Polres Beltim, AKP.Andi Purwanto yang membenarkan adanya kecelakaan tambang, (Lakatambang) itu.

 

Menurutnya,kejadian sekitar pukul 12.30 WIB, bermula saat korban dan rekannya Joni dan Rudi sedang bekerja di TI Rajuk di kawasan eks tambang Aik Terendam, Desa Mengkubang Kecamatan Damar. Saat itu korban berniat membuang kotoran yang tersangkut di roda banting mesin tersebut, dengan menggunakan tangan kanannya.

 

Namun naas pun terjadi, tiba-tiba tangan korban telah terlilit roda banting mesin. Korban kemudian terjatuh ke arah pondasi mesin dan tertarik ke roda banting. Lalu, tangan kanannya masuk ke roda banting tersebut.

 

“Kepala korban kemudian membentur pondasi (dudukan, red) mesin yang terbuat dari besi. Pada saat kedua rekannya Joni dan Rudi menolong korban telah meninggal dunia di tempat kejadian perkara (TKP),” terang AKP Andi

 

Setelah diketahui sudah meninggal dunia, korban langsung di bawa ke Puskesmas Damar, lalu dibawa ke RSUD Manggar, untuk dilakukan visum. ‎”Korban berasal dari Dusun IV Ds.Suangai Pasir RT.18 RW.05 Kecamatan Cengal Kabupaten OKI, Palembang Sumsel. Dan di Beltim korban sebelumnya tinggal di Dusun Kurnia Jaya Kecamatan Manggar,” tandas AKP Andi. (feb)