Tiga Kabupaten Bakal Jadi KEK Pariwisata

by -

*Pemerintah Pusat Kucur Rp18 T Ke Tanjung Kelayang

berita-tajuddin--tak-ada-rp10-m-untuk-gmt-38172_a
KA Tajuddin

PANGKALPINANG – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel), KA Tajuddin, menyadari betul pengembangan pariwisata membutuhkan dukungan masyarakat. Karena itu, masyarakat diharapkan mampu bersinergi membantu pengembangan sektor pariwisata.
Harapan tersebut, Ia sampaikan saat membuka Bimbingan Teknis Penyuluh Pengembangan Sadar Wisata dan Potensi Masyarakat Destinasi Pariwisata, di Hotel Santika, Pangkalan Baru, Bangka Tengah, Senin (9/5).
“Harapan kita tentunya pengembangan sektor kepariwisataan dapat memberikan hasil nyata bagi kesejahteraan masyarakat Babel. Untuk penyuluh pariwisata harus pandai mengkomunikasikan kebijakan dan program pemerintah,” ujarnya.
Ia menambahkan, pengembangan pariwisata tidak akan berhasil tanpa adanya kesadaran wisata itu sendiri.
Masyarakat harus dituntut memahami apa yang menjadi tujuan pemerintah terhadap sektor pariwisata.
“Kita harus pahami pembangunan KEK berdampak besar bagi masyarakat. Mengapa?, karena tuan rumahnya adalah masyarakat, sekaligus mengolah pariwisata daerah sendiri untuk kemudian diambil manfaatnya demi kesejahteraan,” imbuhnya.
Terlebih, sambungnya,  dengan ditetapkannya Tanjung Kelayang Kabupaten Belitung sebagai KEK pariwisata. Menurut Tajuddin harus bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, apalagi pemerintah pusat mengucurkan dana senilai Rp18 triliun untuk pengelolaan Tanjung Kelayang.
“Kita yakin alokasi dana itu dapat memaksimalkan KEK pariwisata. Nanti KEK kita dorong di Bangka, dari hasil koordinasi dengan Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ada beberapa titik di Pulau Bangka direncanakan sebagai KEK,” ungkapnya.
Sejumlah titik tersebut, lanjut Tajuddin, berada di Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Barat dan Bangka Selatan. Keberadaan banyak KEK menambah khasanah pilihan wisata di Bumi Serumpun Sebalai.
“Semakin banyak KEK, menandakan semakin siap menerima wisatawan, baik domestik maupun mancanegara,” pungkasnya. (fiz)