Tiga Menteri Mengkonfirmasi Positif Hadir

by -

Pasang foto erwandi a rani

Jpeg
Jpeg

*Persiapan GMT Rampung 99 Persen
Wabup: Semoga Cuaca Cerah!
TANJUNGPANDAN-Panitia persiapan even Gerhana Matahari Total (GMT) hampir merampungkan persiapan. Sejauh ini 99 persen, artinya acara dan kesiapan di Tanjung Kelayang tinggal sedikit lagi.
Ketua Panitia, Wakil Bupati Belitung Erwandi A Rani mengatakan saat ini tim panitia sedang mempersiapkan tempat sholat gerhana. “Ini tambahan yang kami siapkan. Saat ini koordinasi tempat, itu yang belum. Yang lainnya sudah, termasuk objek pantau. Dan mari berdoa agar cuaca besok (9/3), cerah,” kata Erwandi, Senin (7/3) kemarin.
Untuk persiapan kedatang Presiden RI dan Menteri, sejauh ini baru tiga menteri yang mengkonfirmasi kedatangannya. Yaitu, Menteri Pariwisata, Menteri Perhubungan, dan Menteri Koordinator Maritim. Sedangkan kehadiran Presiden RI Joko Widodo masih terus dikonfirmasi.
Di Tanjung Kelayang, panitia juga akan menyiapkan panggung pemantauan GMT. Panggung ini disiapkan khusus untuk rombongan VVIP. Sedangkan panggung untuk acara seremonial disiapkan terpisah.
“Andai kata beliau hadir, kita siapkan panggung pemantau. Kalau sudah mulai gerhana presiden kita arahkan kesana. Habis mantau kembali ke panggung,” papar Erwandi.
Kendala yang terus dicarikan solusi yaitu kebutuhan bus. Diperkirakan sekitar 30 bus atau lebih dibutuhkan untuk membawa wisatawan ke lokasi. Namun bus yang dimiliki panitia sekitar 22 bus besar dan 8 bus berukuran sedang.
Bus kita terus berupaya, tapi masih kurang sedikit. Kita berupaya dengan bus yang ada termasuk bus kecil. Ini kan untuk mengangkut kapal dari KM Kelud yang diprakarsai Menko Maritim lebih kurang 1.100 orang,” jelas Erwandi.
Upaya yang dilakukan juga melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur. Diharapkan Beltim bisa membantu. Karena kata Erwandi, sebagian wisatawan ada rencana akan berkunjung ke tempat wisata di Beltim.
Ia berharap even ini berlangsung sukses. Semua persiapan yang dilakukan panitia sesuai rencana. Namun yang masih was-was adalah kendalan alam. Andai kata pada hari itu hujan atau mendung, khawatir matahari tidak terlihat.
Namun dalam hal itu, Erwandi mengajak masyarakat sama-sama berdoa agar pada tanggal 9 Maret 2016 cuaca cerah. “Kalau kendala alam kita tidak bisa apa-apa. Tapi kita berdoa supaya cerah agar kita bisa mengamati gerhana. Mudah-mudahan kita diberikana kemudahan oleh Allah untuk melihat itu,” pungkasnya. (ade)