Tiket Pesawat Mahal, Masyarakat Menjerit, UMKM dan Wisata Jeblok

ilustrasi

* Dewan Minta Pusat Beri Solusi

RajaBackLink.com

belitongekspres.co.id, SUNGAILIAT – Tiket pesawat dari dan menuju ke Bangka yang mahal membuat masyarakat menjerit. Kondisi ini membuat anggota DPRD Bangka dari PKS, Kurtis menjadi prihatin, sehingga meminta pemerintah pusat dan pihak terkait melakukan upaya untuk mencari solusinya.

“Terkait dengan tiket pesawat yang luar biasa itu kenaikannya sangat berpengaruh sekali dengan masalah perekonomian,” sebut Kurtis kepada Babel Pos, di DPRD Bangka, Senin (1/2).

Menurutnya, imbas harga tiket pesawat yang tinggi mengakibatkan melemahnya sektor UMKM dan pariwisata. Yang mana tadinya pariwisata di Kabupaten Bangka menggeliat namun sekarang turun drastis.

“Biasanya kalau hari Jumat dan Sabtu itu banyak komunitas yang datang ke Pulau Bangka khususnya di Kabupaten Bangka yang datang ke pantai kita. Luar biasa dengan kostum warna merah, biru, putih dan segala macam tetapi sejak kejadian kenaikan pesawat itu dunia pariwisata kita kelihatannya mulai jeblok,” sebutnya.

Baca Juga:  Honda CB150R Streetster 2019 Mengaspal, Harga Rp 44,3 Juta

Tiket yang mahal juga memberi dampak buruk tingkat hunian hotel yang sepi, rumah makan sepi hingga biro perjalanan ikut sepi.

“Saya punya teman biro perjalanan, ada rekannya dari rumah makan bertanya “Ada nggak yuk tamu dari travelnya, tolong yuk bagi ke kami”. Sedih Saya dengar itu,” tukasnya.

Politisi yang terkenal vokal ini berharap pihak yang mengambil kebijakan di pusat baik Kementerian Perhubungan dan DPR RI memanggil pihak terkait. Sebab kondisi tiket mahal yang menjadi korban adalah masyarakat.

Disamping berakibat menurunnya kunjungan wisatawan.

“Wisatawan domestik biasa membeli makanan ringan seperti kemplang, keretek dan makanan olahan laut, tapi tidak bisa lagi datang membeli. Padahal salah satu market nya adalah wisatawan domestik, jadi ini berkaitan baik UMKM, pariwisata, rumah makan sehingga pemerintah pusat harus meninjau hal ini,” tandasnya.

Entah apa yang terjadi dengan dunia penerbangan sehingga kenaikan tiket mahal yang memiliki dampak buruk ke berbagai sektor. Masalah ini ikut membuat sulit
bagi keluarga yang ingin melihat anaknya sekolah diluar daerah termasuk bagi pasien sakit yang rujuk ke luar daerah.

Baca Juga:  MPV Terlaris di Dunia, Avanza Melorot dan Wuling Masih di Puncak

“Terasa sangat berat sekali, yang selama ini sebenarnya sudah bagus (harga tiket) kita berharap dikembalikan,” pintanya.

Lebih lanjut ia utarakan, sekarang berangkat pakai pesawat hanya kalangan warga yang menggunakan dana perusahaan, dana APBD dan kaum bisnis. Kalau masyarakat akan berfikir ulang untuk berpergian dengan pesawat karena berat.

“Berobat juga susah, berat sekali sekarang ini
Harusnya Dinas Perhubungan yang ada di kabupaten kota seb Bangka langsung ke Dinas Perhubungan provinsi dan sama langsung datang ke pusat.

Demikian DPRD kabupaten/kota bersama dinas terkait datang aja ke pusat untuk memberi masukan. Minta jalan keluar solusi terbaik untuk ini kalau kita mau peduli dengan keadaan masyarakat kita,” pungkasnya. (trh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply