Timgab Amankan Puluhan Pemuda Mabuk Arak

by -
foto A
Razia cipta kondisi yang dilakukan oleh tim gabungan.

KOBA – Polres Bangka Tengah (Bateng) dan Satpol PP Linmas Bateng menggelar razia cipta kondisi pada malam hari. Sejak dua malam terakhir, puluhan pemuda yang nongkrong sembari menegak miras digiring ke Mapolres Bateng untuk dilakukan pembinaan.

Kabag Ops Polres Bateng Kompol Nur Samsi mengatakan, bahwa pihak kepolisian Polres Bateng bersama Satpol PP Linmas Bateng juga TNI membentuk tim gabungan untuk melakukan razia terutama di malam hari dengan sasaran operasi penyakit masyarakat (pekat). “Bulan ramadhan tinggal menghitung hari, tentunya untuk menciptakan suasana yang kondusif kita mulai melakukan razia cipkon,” ujar Kompol Nur Samsi kepada RB, Senin (30/5) kemarin.

Diungkapkannya, mulai pada Sabtu (28/5) malam sekitas pukul 20.30 WIB, timgab berhasil mengamankan 13 orang pemuda yang tengah menenggak arak dan bir di depan Telkom Padang Mulya Kecamatan Koba dengan barang bukti berupa sebotol miras jenis bir, sekaleng bir, 1 buah botol besar yang berisi miras jenis arak, sekantong plastik ukuran 1 kg yang berisi miras jenis arak, 2 buah minuman pencampur merk torpedo serta kendaraan sepeda motor yang digunakan para pemuda tersebut.

“Selain di depan Telkom, kita juga mensweping di taman pasar modern Koba dan mengamankan kembali 12 pemuda yang tengah meminum miras. Jadi total pemuda yang diamankan sebanyak 25 orang, kemudian sepeda motor yang diamankan sebanyak 22 unit,” imbuhnya.

Kemudian terhadap 25 pemuda tersebut, dilakukan pembinaan di Mapolres Bateng dan membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatan yang sama. “Untuk 22 unit sepeda motor, kita pun langsung memeriksa kelengkapan kendaraan termasuk SIM. Bagi yang pemuda terjaring razia yang tidak bisa menunjukan kelengkapan surat menyurat, maka langsung dilakukan penilangan,” tegasnya.

Selanjutnya pada Minggu (29/5) malam, gelaran serupa juga digelar di seputaran Kecamatan Sungaiselan dengan melibatkan Anggota Polsek Sungaiselan, Koramil dan Satpol PP Linmas. “Beberapa pemuda yang kedapatan nongkrong sembari minum Arak yang dicampur minuman ringan jenis torpedo juga diamankan dan dibina,” tukas Kompol Nur Samsi.

Senada ditambahkan Kasatpol PP Linmas Bateng, Zulpadli mengatakan, sebagai sinkronisasi Perda Ketertiban Umum dan Perda Tata Niaga Miras tentunya pihaknya akan menegakkan peraturan yang telah dilegislasi tersebut. “Satpol PP Linmas Bateng, bersama pihak Kepolisian dan TNI akan besinergi dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di masyarakat juga sebagai upaya pencegahan kriminalitas hingga potensi aksi premanisme terlebih bulan ramadhan sudah dekat,” tandas Zulpadli. (and)