Timgab Amankan Ratusan Jerigen Arak

by -

*Operasi Rutin dalam Rangka Kamtibmas

foto A.

BARANG BUKTI: Petugas gabungan Satpol PP Belitung saat mengamankan barang bukti ratusan jerigen Miras arak saat razia di sejumlah tempat di Kasawasan Tanjungpandan, Rabu (18/3) malam.

TANJUNGPANDAN-Ratusan jerigen dan kampil miras Arak serta ratusan krat minuman beralkohol diamankan Tim Gabungan dari warung yang menjual tanpa izin, Kamis (17/3) dini hari kemarin. Tim yang terdiri dari Polsek Tanjungpandan, Pol PP, Polisi Militer (PM) dan Disperindagkop ini terus menyisir sejumlah lokasi yang disinyalir memperdagangkan minuman beralkohol kadar tertentu tanpa memiliki izin.

Selain mengamanakan ribuan botol maupun kaleng miras, Tim Gab juga mengamankan ratusan Jerigen dan Ratusan kampil arak. Razia yang dimulai sejak, Rabu (17/3) pukul 20.30 WIB ini, sasaran utama tempat tinggal Usman (60), Jalan Ahmad Yani Lesung Batang RT 08 RW 04.

Di tempat tersebut, Timgab berhasilnya mengamankan sebanyak puluhan jerigen arak. Setiba di lokasi awalnya pemilik, membantah jika ia menjual. Setelah digeledah, ditemukanlah pulahan jerigen arak di belakang rumahnya.

Usman mengatakan, dirinya tidak mengetahui kalau jerigen tersebut berisikan arak. Menurut lelaki tua ini, barang tersebut bukan miliknya. Dirinya mengelak saat Belitong Ekspres menanyakan berapa dia menjual arak tersebut. “Saya tidak tahu kalau itu arak. Saya hanya penjual roti,” ujar Usman kepada Belitong Ekspres.

Ketika ditanyai mengenai siapa pemilik arak tersebut. Dia, bungkam dan tidak berkata apapun. Hingga akhirnya, Timgab mengamankan barang tersebut, dan dibawa ke Kantor Pol PP Kabupaten Belitung.

Sementara itu, RT setempat Marzuki mengatakan, dirinya tidak mengetahui kalau Usman berjulan arak. Menurutnya, Usman sehari-hari bekerja sebagai penjual roti. “Kami dan para warga sekitar, tidak tahu kalau dia berjualan arak,” ujar Marzuki.

Adanya kejadian ini sempat menghebohkan warga sekitar. Bahkan saat TimGab mengamankan puluhan jerigen, warga sekitar berbondong-bondong melihat dari dekat janis arak tersebut. Setelah itu, razia dilajutkan di Jalan Jendral Sudirman.

Setelah itu, Timgab menyusur ke tokoh-tokoh yang berada di Pilang hingga terminal. Ditempat ini, Timgap mengamankan ratusan botol miras dan puluhan kampil arak eceran. Setelah itu, razia dilanjutkan ke Aik Kalapa Karak.

Ditempat ini, lagi-lagi razia diduga bocor. Saat tiba dilokasi, tokoh yang menjadi target utama razia ini tutup. Tidak hanya sekali, Timgab merazia di tempat tersebut. Namun, berkali-kali tapi hasilnya nihil. Pasalnya, setiap kali Timgab datang toko tersebut selalu tutup. Sejumlah lokasi lain seperti di KV Senang juga tak lepas dari razia miras oleh polisi.
Kapolres Belitung AKBP Candra Sukma Kumara mengatakan, dirinya telah menugaskan anggota untuk memberantas peredaran gelap minuman keras di Belitung. Pasalnya, dengan adanya minuman haram ini, sering terjadi tindak pidana kriminal.
“Kami tetap komitmen untuk memberantas miras di Belitung. Kami sudah berkordinasi dengan Kabag Ops, segala bentuk miras yang tanpa izin, harus ditindak,” tegas Kapolres.

Sementara itu, Kasatpol PP Kabupaten Belitung Alkar mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari perintah dari pimpinan daerah. “Kita akan terus mencari, penjual minuman keras di Belitung. Kami tidak akan berhenti, sebelum peradaran minuman keras di Belitung dapat diatasi,” pungkasnya. (kin)