Tingginya Permintaan Pasien DBD, Stok Darah PMI Menipis

by -
Tingginya Permintaan Pasien DBD, Stok Darah PMI Menipis
Sekretaris PMI Kabupaten Belitung, Bustam.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Persedian stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Belitung menipis, terutama stok darah trombosit. Hal ini dikarenakan permintaan yang cukup tinggi.

Hal tersebut dikatakan Sekretaris PMI Kabupaten Belitung, Bustam. Lebih lanjit dikatakannya, saat ini jumlah darah yang tersedia yakni darah golongan A sebanyak 22 kantong, darah B sebanyak dua kantong, AB 15 kantong dan O ada 20 kantong.

Kemudian, untuk ketersediaan darah trombosit golongan A sebanyak tiga kantong, trombosit B kosong, trombosit AB sebanyak dua kantong dan trombosit O kosong.

Bustam menyebut, jika melihat jumlah ketersediaan tersebut maka jumlahnya dipastikan masih kurang.

“Otomatis, kalau kita bicara stok, kurang, karena pasien yang baru masuk saja, satu orang butuh 14 kantong,” katanya katanya saat ditemui belitongekspres.co.id, Senin (13/01/2020).

Permintaan darah trombosit di Kabupaten Belitung meningkat dikarenakan saat ini banyaknya jumlah pasien Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Permintaan darah trombosit ini mulai meningkat sejak dua bulan lalu di 2019, yakni November dan Desember,” katanya.

Bustam menyebutkan, sejak awal Januari sampai saat ini, pihaknya telah mengeluarkan sebanyak 53 kantong darah trombosit untuk sejumlah pasien di rumah sakit.

“Bahkan permintaan dalam sehari untuk darah trombosit bisa mencapai 30 kantong, bahkan lebih dari itu,” terangnya.

Saat ini, kata Bustam, stok darah trombosit di Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI Belitung hanya tersedia sebanyak lima kantong saja dan dua golongan darah diantaranya kosong.

“Yang tersedia yakni trombosit golongan A tiga kantong dan golongan AB dua kantong, sedangkan untuk trombosit B dan trombosit O kosong,” katanya.

Dalam waktu dekat, PMI Kabupaten Belitung akan melaksanakan kegiatan donor darah guna memenuhi ketersediaan darah segar.

“Kami akan melaksanakan donor darah dengan mitra kami dalam waktu dekat. Saat ini masih penetuan waktu pelaksanaan,” ujarnya.

Editor: Subrata
Reporter: Doddy Pratama