Tinjau Pedagang Musiman, Wabup Minta Patuhi SOP Protokol Kesehatan

by -
Tinjau Pedagang Musiman, Wabup Minta Patuhi SOP Protokol Kesehatan
Wabup Belitung Isyak Meirobie meninjau pedagang musiman di Pasar Tanjungpandan.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie dan jajaran Forkopimda Belitung melakukan peninjauan pedagang musiman yang ada di sekitar Pasar Tanjungpandan. Menurutnya, hal ini agar para pedagang melaksanakan SOP Protokol kesehatan yang ada, dalam mencegah penyebaran wabah Covid-19 di Kabupaten Belitung.

“Ini sesuai instruksi pak Bupati dalam rapat kemarin agar pasar ditata sesuai dengan Protokol kesehatan, kita tidak mau masyarakat itu memanfaatkan peluang tahunan untuk mencari keuntungan ekonomi, tapi tidak mengindahkan protokol kesehatan,” kata Isyak saat ditemui Belitong Ekspres, usai meninjau lokasi tersebut, Rabu (13/05).

Kata dia, Pemkab sudah membatasi. Misalnya tahun lalu ada 100 pedagang sekarang jadi bisanya separuhnya dan semuanya itu wajib mengikuti protokol kesehatan. Di antaranya jarak antara lapak harus 2 hingga 2,5 meter dan menyediakan tempat cuci tangan dengan air mengalir dan sabun. “Itu wajib ada, seperti air cuci tangan dan sabun, serta jarak itu harus dipatuhi, pedagang harus menggunakan masker,” jelas Wabup.

Selanjutnya, kata Isyak pedagang ataupun penjual di pasar musiman ini akan dilakukan Rapid Test pada (16/05) mendatang. “Kita tunggu Rapied Test arahan pak Gubernur sampai Belitung kita akan Rapied test, kalau ada pedagang yang hasilnya reaktif, itu akan diisolasi di rumah sakit enggak boleh jualan ya kemudian kalau dia negatif dia boleh jual sampe tujuh hari ke depan,” paparnya.

Kemudian lanjutnya, pedagang atau pembeli wajib dilakukan pengecekan suhu dan menggunakan masker. “Pintu masuk kita akan bikin dua di Gang Kim Ting dan Jalan RE Martadinata, jadi setiap orang masuk cek suhu, cuci tangan baru masuk menggunakan masker, jadi ini harus melakukan protokol kesehatan itu,” sebut Isyak.

Sedangkan mengenai jumlah lapak yang ada di pasar musiman yang menjual makanan lebaran tersebut, dirinya minta harus lebih sedikit dari tahun sebelumnya. “Saya minta hari ini final, tidak boleh sama banyak dengan jumlah tahun lalu harus lebih sedikit jauh lebih sedikit ya, jadi sisa 50 persen misalnya,” tambahnya.

Positisi Partai Nasdem itu, juga menyebutkan atas arahan Bupati Belitung pedagang yang berada di kawasan Gang Kim Ting harus dipindahkan menjadi satu jalan ke RE Martadinata.

“Jadi semua di sini ( jalan RE Martadinatas), parkirnya semua di gedung nasional, kita mau rapi kita mau jarak jaraknya semua bagus, jadi kita memastikan yang itu steril yang membeli itu juga aman itu kepastiannya ya,” tukas Isyak. (dod)

Editor: Yudiansyah