Titik Panas Kembali Terpantau

by -3 views

PANGKALPINANG – Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang kembali memantau titik panas di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akibat adanya aktivitas pembakaran lahan. “Sebelumnya pada Sabtu (19/9) pantauan titik panas dari satelit Terra dan Aqua tidak ada sama sekali, dan hari ini terpantau tiga titik panas di provinsi ini,” kata Staf Koordinator Unit Analisis Kantor BMKG Pangkalpinang, Nur Setiawan, Minggu (20/9).
Ia menjelaskan, titik panas itu terpantau di Kabupaten Bangka Selatan, Kecamatan Air Gegas sebanyak dua titik dan di Kabupaten Belitung, Kecamatan Membalong satu titik. “Yang terpantau hanya tiga titik panas, diharapkan warga tidak melakukan aktivitas yang menyebabkan timbulnya titik panas yang lebih banyak lagi,” ujarnya.
Menurut dia, titik panas dapat berubah-ubah tergantung suhu udara dan aktivitas pembakaran lahan selama kemarau. “Selama kemarau rawan terjadi kebakaran dan api cukup sulit ditangani karena angin dapat membantu penyebaran api dengan cepat ,” katanya. Selanjutnya, kata dia, meskpiun yang terpantau hanya tiga titik panas diharapkan warga tetap mewaspadai kabut asap dan memakai masker karena kabut asap tidak hanya datang dari provinsi ini namun juga bisa datang dari provinsi lain.
“Tetap waspada dan jaga kesehatan. Dampak akibat kabut asap cukup buruk karena mengganggu jarak pandang, mengakibatkan mata perih dan juga berpotensi menimbulkan penyakit ISPA,” katanya.(ant/rb)