TNI Perkuat Program Pertanian

by -

TANJUNGPANDAN- Memantau kondisi ketahanan pangan di Belitung, Kodam II Sriwijaya menggelar Rapat Upsus (Upaya Khusus) program ketahanan pangan di Wilayah Kodim 0414 Belitung. Acara rapat dilaksanakan di Makodim 0414 Belitung, Kamis (27/8) kemarin.

Rapat dihadiri Ketua Tim Monitoring Pengawalan dan Pendamping Upsus dari Staf Mabes AD Kolonel Inf Muktha, Pamen Ahli Kodam II Sriwijaya Kolonel Jahidin Chilo, Tim Monitoring Ups Kapten Sunarko, dan sejumlah instansi di Kabupaten Belitung dan Beltim.

Di hadapan peserta dan tamu undangan, Dandim 0414 Belitung Letkol Arh Marthen Verny Rorintulus memaparkan kondisi ketahanan pangan Belitung saat ini. Menurut Dandim, memasuki musim kemarau ini petani mengeluhkan kurangnya pasokan air, di sawahnya.

“Meski kondisi kekeringan, namun itu tidak terlalu berpengaruh dari hasil panen para petani. Khususnya di kawasan Membalong dan Desa Cerucuk, para petani ini hanya mengeluhkan masalah air,” ujar Dandim.

Untuk menanggani masalah ini, rencana  tahun depan Kodim 0414 Belitung beserta instansi terkait akan mengusulkan pembangunan sumur bor di setiap sawah milik warga. Jadi, pas memasuki musim kemarau, para petani masih memiliki pasokan air.

“Sementara bantuan dari Kodim terhadap petani saat ini yakni memberikan mesin pengiling padi. Mesin ini sudah diberikan saat acara TMMD (Tentara Manunggal Masuk Desa) di Kawasan Membalong. Dan juga di lokasi lain di Beltim,” pungkasnya. (kin)