Toilet Pantai Tanjungpendam Butuh Perhatian

by -

TANJUNGPANDAN-Taman Hiburan Pantai Tanjungpendam sampai saat ini masih menjadi lokasi favorit warga Belitung untuk berekreasi. Sebagai tempat rekreasi berbayar, sudah selayaknya menyediakan fasilitas umum untuk pengunjung, terutama fasilitas toilet yang relatif memadai. Apalagi, seperti momen saat ini, Pantai Tanjungpendam dijadikan lokasi even pameran yang diikuti hingga 100 stan dari Belitung dan luar Pulau Belitung. Berarti banyak tamu dari luar sekaligus pengunjung Pulau Belitung yang datang.
Ternyata, sejumlah titik toilet di Pantai Tanjungpendam kondisinya masih butuh perhatian serius. Pantauan Belitong Ekspres, Rabu (12/8), siang, menunjukkan toilet di sekitar Mushola Tanjungpendam menampakkan kondisi yang memprihatinkan. Dari sisi kebersihan masih relatif butuh ditingkatkan. Yang pasti, saat BE mengecek ke dalam toilet, kondisi kran ada yang patah.
Lantas, aroma tak sedap yang menyengat mencerminkan toilet kurang terurus. Yang lebih membuat kondisi terkesan jorok yakni ada closet yang masih terlihat kotor. Meski air tersedia, namun kesan jorok masih ada dari pengguna toilet.
Sejumlah petugas yang sempat ditemui Belitong Ekspres, menunjukkan lokasi toilet yang bersih, tepatnya di belakang panggung kecil. Benar adanya, ketika BE mengecek, memang terlihat lebih bersih dan baunya tak begitu menyengat. Nampak pula sejumlah perlengkapan keberishan seperti kain pel. “Sini lihat toiletnya bersih. Silakan bandingkan dengan yang sana,’’ ujar petugas sembari menunjuk lokasi toilet lainnya di Pantai Tanjunpendam.
Kondisi toilet yang masih memprihatinkan ini cukup kontradiktif dengan apa yang disampaikan oleh pejabat pengelola kawasan ini. Sebelumnya, disampaikan pejabat Taman Hiburan Tanjungpendam yang menyatakan, toilet sudah direnovasi dan dalam kondisi siap. Statemen ini khususnya terkait dengan penyelenggaraan Belitung Fair 2015 yang kini sedang berlangsung.(mg4)