Tokoh Juru Sebrang Pertanyakan Pilkades

by -

*Pemda Dinilai Mengulur Waktu, Plt Sudah 8 Bulan

TANJUNGPANDAN-Sebanyak delapan orang perangkat desa dan tokoh masyarakat Desa Juru Sebrang melakukan mediasi dengan Komisi I DPRD Kabupaten Belitung Senin (2/3) kemarin, di ruang rapat DPRD Belitung. Mereka para perangkat desa tersebut, menyampaikan dan mengajukan percepatan pelaksanaan proses Pilkades (Pemilihan Kepala Desa,red) di Desa Juru Serdang.
Ketua BPD Desa Juru Serdang Darsono mengatakan, pemerintah daerah terkesan seolah mengulur-ngulur waktu. Pasalnya, semula akan dilaksanakan bulan Januari 2015, sekarang justru berubah lagi pada bulan Juni 2015. “Bahkan, yang terakhir ini ada lagi wacana pemerintah daerah menggelar Pilkades serentak di tahun 2016,” ucapnya kepada BE Senin (2/3) kemarin.
Darsono mengatakan, berdasarkan surat jawaban Tapem yang ditujukan kepada BPD Desa Juru Seberang. Rencana pelaksanaan Pilkades akan digelar pada bulan Juli 2015 mendatang.
“Sedangkan Kades-nya Plt sudah berjalan selama 8 bulan. Jadi, kami takut jika kelamaan, nanti muncul sesuatu yang tidak diinginkan,” ucapnya.
Karena itu, pihaknya meminta kepada DPRD Kabupaten Belitung, agar dipercepat jadwal pelaksanaan Pilkades. Sebab, dananya sudah turun.  Wakil Ketua Komisi I Junaidi Derani yang memimpin rapat tersebut mengatakan, DPRD hanya sebatas memfasilitasi saja.
“Kami akan memfasilitasi pertemuan lanjutan dengan menghadirkan perangkat desa, tokoh masyarakat, aparat desa, Tapem, Camat Tanjungpandan serta Bappeda Kabupaten Belitung,” pungkas Politikus Partai Hanura ini.
Anggota Komisi I Syamsir, ketika ditanya mengenai agenda lanjutan pertemuan tersebut. Ia menjawab, belum tahu secara pasti. Sebab, DPRD juga masih tetap menunggu surat masuk dari pihak-pihak terkait.
“Agenda kami di DPRD cukup padat. Pasca Bimtek di Jakarta, kami menggelar Paripurna empat raperda. Jadi, kemungkinan, setelah semuanya sudah beres. Baru kita panggil kembali,” tutup Syamsir.
Sementara itu, berdasarkan penelusuran BE, personil Komisi I DPRD yang ikut rapat antara lain, Wakil Ketua Komisi I Junaidi Derani, Sekertaris Komisi I Agung Meitreyawira, Anggota Komisi I Syamsir dan  Andreas. (mg2)