Tom Sudah Terima Surat Pencalonan

by -

*Pengunduran Diri Fezzy dan Musdiana Butuh Prosesnya Lama

MANGGAR – Ketua DPRD Belitung Timur (Beltim) Tom Haryono Harun memastikan dua orang anggota DPRD Beltim telah mengirimkan surat pemberitahuan terkait pencalonan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Beltim 2015. Keduanya adalah Fezzy Uktolseja (PDI Perjuangan) dan Musdiana (PKS).

“Pemberitahuan kepada pimpinan DPRD bahwa mereka mencalonkan diri, ya. Kemarin (Selasa, red) sudah masuk ke meja saya dan sudah saya disposisikan untuk di tindaklanjuti dan dipergunakan sebagaimana mestinya,” ungkap Tom Haryono kepada wartawan, Rabu (29/7) kemarin.

Pemberitahuan tersebut, kata Tom, belum diartikan sebagai pengunduran diri yang bersangkutan sebagai anggota DPRD. Hal ini sesuai peraturan perundang-undangan yang mengatur mekanisme pencalonan bagi warga negara berstatus TNI, Polri, PNS, anggota DPR, DPRD, DPD dan karyawan BUMN dan BUMD.

“Jadi mereka belum mengajukan pengunduran diri, karena di situ ada ruang mereka itu diberi waktu selama 60 hari setelah ditetapkan sebagai calon untuk melengkapi itu,” jelas Tom.

Menurutnya, setelah ditetapkan sebagai calon, anggota DPRD Beltim yang mencalonkan diri harus mengajukan surat pengunduran diri kepada pimpinan dewan. Kemudian, secepatnya diproses dan disampaikan kepada Gubernur untuk dikeluarkan surat keputusan pemberhentian.

“Nanti mereka mengajukan surat pengunduran diri, kami proses. Setelah keluar, SK-nya kan Gubernur. Prosesnya tidak lama. Setelah keluar SK Gubernur, resmilah mereka berhenti sebagai anggota DPRD,” terangnya.

Selanjutnya, seiring keluarnya SK Gubernur, partai akan mengusulkan nama Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota dewan yang mundur. Biasanya, penentuan hak PAW mengikuti urutan suara terbanyak calon legislatif partai.

“Partai mengusulkan nama PAW, sesuai Undang-Undang berarti suara terbanyak dibawah mereka. Setelah itu, DPRD melalui sekretariat mengajukan proses ini kepada KPU. KPU berkirim surat ke Gubernur, keluar lagi SK pengangkatan,” ujar Tom.

Tom memperkirakan, proses PAW anggota dewan tidak akan memakan waktu lama. Sepanjang seluruh berkas dan persyaratan telah dilengkapi PAW anggota dewan.

“Kalau proses cepat, Pilkada belum dimulai PAW sudah bisa dilaksanakan. Bisa terjadi seperti itu,” jawab Tom.

Mengenai siapa nama PAW anggota dewan, Tom yang juga pengurus DPC PDI Perjuangan Beltim hanya berani berkomentar khusus PAW PDI Perjuangan. Sedangkan PAW partai lain, Tom memilih untuk menyerahkan kepada partai yang bersangkutan.

“Kalau dari PDI Perjuangan, daerah pemilihan Manggar dan Simpang Renggiang, Fezzy pertama, Misyuliani kedua, berati suara terbanyak ketiga. Kalau tidak salah Harminton,” imbuhnya.

Sesuai aturan pula, PAW akan mengisi posisi anggota komisi yang sama dengan pendahulunya. Namun, jabatan dalam alat kelengkapan dewan masih perlu dibahas lebih lanjut.

“Kalau jabatan dalam alat kelengkapan, itu aku kurang tahu persis. Tapi anggota PAW menempati komisi yang ditinggalkan Fezzy,” pungkasnya. (feb)