TOYO CUP II DAN KEGAIRAHAN SEPAKBOLA BELTIM (BABEL).

OLEH : FEBRIANTA

Meski Kompetisi ini baru akan digelar pada Agustus 2017 mendatang, namun bagi Saya yang juga penikmat Sepakbola Beltim merupakan bagian dari gairah baru persepakbolaan khususnya di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) dan Bangka Belitung (Babel) pada umumnya. Kompetisi ini sekaligus akan digelar untuk 2 Kategori Usia, Untuk Usia 40 keatas (U-40) juga untuk Usia bebas (U-Umum).

RajaBackLink.com

Bagi Saya hadirnya kompetisi ini merupakan ajang pertemuan semua pecinta dan penikmat Sepakbola yang boleh dikatakan selama ini redup dengan Kompetisi. Wowww…tentu ini sebuah gairah baru bagi pemain dan penikmat Sepakbola khususnya di Kabupaten Beltim bahkan hingga Provinsi Babel.

Pastinya Ribuan pasang mata warga kota Manggar sebagai Ibukota Beltim dan juga umumnya di kepulauan Babel tentu akan menjadi saksi mata. Bahwa roh Sepakbola hidup lagi. Namun Kita tentunya jangan sampai larut dalam euforia.

Mungkin inilah salah satu cara meneruskan mimpi Kamarudin atau yang akrab disapa Toyo yang juga menjabat Direktur PT.Karvin Jaya Abadi (Selaku Sponsor Utama) untuk memberikan hiburan bagi masyarakat yang pada umumnya suka dengan gaya dan gila Sepakbola meskipun hanya berlevelkan lokal Kabupaten, tapi Saya yakin gairah itu akan bisa naik setingkat levelan Provinsi.

Saya berpikiran, yang ada dibenak Toyo adalah kata kata “Kalau bukan kita siapa lagi..? Karena itu, bersama rekan penggiat dan penggila Sepakbola, Toyo dengan rapi menggagas Kompetisi ini. Terbukti Kompetisi ini juga dilaksankan untuk ke dua kalinya, ditahun yang berjenjang. Yah Toyo Cup II tahun 2017 itu segera digelar.

Baca Juga:  Kendalikan Inflasi melalui Pola Konsumsi

Toyo memulai terobosan kecil dengan menggelar Kompetisi awal dengan bertajuk Toyo Cup I ditahun 2016 lalu, dan ternyata Sukses meski hanya untuk Usia 40 tahun keatas. Dan janji itu ditepati dengan kembali menggelar Toyo Cup II dan sekaligus menggelar untuk 2 kategori Usia sekaligus. Salut deh……..

Pada momen ini, para mantan pemain Sepakola (U-40) dan juga Pemian baru (Umum) dikancah Sepakbola se pulau Belitung dan juga se Babel, mendedikasikan kehadiran dan pastinya mendukungan penuh kompetisi ini.

Sungguh menggairahkan, karena Toyo Cup akan memberi warna tersendiri bagi persepakbolaan Babel, Toyo Cup hadir untuk menggairahkan Sepakbola Beltim dan juga Babel yang sudah lama letih, loyo dan bahkan mungkin mati suri.

Jika pihak berwenang belum bertindak, dan masih berdiam, tidak ada soal dan bukan sebuah masalah. Dan, Saya yakin Toyo Cup akan bisa menjadi Obat ampuh untuk meredam semua itu…yang dalam dirinya mengalir hasrat Sepakbola yang luar biasa, yang peduli dengan nasib Sepakbola di Beltim pada khususnya.

Ini potensi yang harus tampil agar Sepakbola Beltim bergairah lagi. Jangan terus terkungkung dan terbelenggu dalam urusan birokratisasi yang membikin mati surinya makin panjang. Satu tindakan kecil lebih berdaya guna dari pada seribu janji dan kata penghiburan, Pastinya para pemain dan pelatih muda berkata, “Kami butuh kompetisi saat ini,” tak lain guna meningkatkan pengalaman dan tolak ukur para pemain muda, Jika tidak, akan kemana mereka melampiaskan dan menggulirkan sikulit bundar itu..

Baca Juga:  ENTERTAINMENT KOREA VIRUS REMAJA INDONESIA

Saya, tidak mengatakan bahwa pembinaan Sepakbola di Beltim gagal. Bahkan di Beltim sendiri terus bermunculan pemain baru yang mampu menunjukan skil dan prestasi. Tapi selama ini yang jadi masalah adalah tidak adanya kompetisi rutin yang digelar semacam Kompetisi/Liga atau sejenisnya oleh pihak pihak yang berwenang. Yah jika piala pelajar dan sejenisnya itu memang rutinitas tahunan yang seharusnya memang digelar. Dan Saya juga pernah menuliskan bahwa para pelatih muda berpendapat “Kami butuh Kompetisi” (Benar tidaknya, itu tentunya pasti).

Memang publik berkreasi dengan menggelar pertandingan kecil-kecilan antar kampung. Bagaimana melahirkan pemain sepak bola handal jika tidak diasah melalui kompetisi yang dikemas lebih baik..?

Toyo cup akan kembali digelar, sudah pasti akan lebih baik di tahun sebelumnya. Walau konteksnya lokal namun perhelatan ini mengusung spirit global. Karena mimpi Sepakbola untuk menghidupkan lagi solidaritas dan kerja sama warga masyarakat. Pada catatan akhir, Kita nantikan Toyo Cup edisi berikut adalah untuk Sepakbola Beltim dan Babel agar lebih bergairah. (*)

logo-toyo-cup

Tags:
author

Author: