Tracking Pasien Covid-19 Beltim Tuntas, Seluruh Tes Swab Negatif

by -
Tracking Pasien Covid-19 Beltim Tuntas, Seluruh Tes Swab Negatif
Konferensi pers penyampaian hasil swab cluster pasien OH, di RSUD Beltim.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Belitung Timur (GTPPC Beltim) melalui juru bicara Supeni mengabarkan bahwa seluruh swab tracking dari cluster pasien positif 750 OH dinyatakan tuntas.

Hal tersebut disampaikan Supeni setelah keluarnya 14 hasil swab Orang Tanpa Gejala (OTG) cluster pasien OH, Selasa (2/6) kemarin. Hasil tes swab seluruhnya negatif. Pemeriksaan swab pertama tanggal 19 Mei 2020 sebanyak 2 orang dan pemeriksaan swab kedua tanggal 26 Mei 2020 sebanyak 12 orang.

“Semuanya merupakan cluster pasien OH, yang mana pasien OH saat ini sudah dinyatakan sembuh setelah mendapat perawatan di RSMJ Tanjungpandan,” terang Supeni kepada Belitong Ekspres, Selasa (2/6).

Dari hasil itu, dipastikan di Beltim hingga hari ini tidak ada yang terinfeksi Corona aktif atau yang sedang dalam perawatan. Di balik itu, dia mengimbau agar masyarakat Beltim tetap waspada, dan menjalankan seluruh protokol kesehatan. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan, jaga jarak, dan tidak keluar rumah jika tidak mendesak.

“Dengan begitu, kita bisa meminimalisir penyebaran virus corona. Karena sekarang kebanyakan yang positif itu adalah orang tanpa gejala. Mari kita saling menjaga,” pesan Supeni.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Satgas Covid-19 RSUD Beltim dr Hotma Banjarnahor, SpB, FINACS, FICS mengatakan, penyebab lamanya keluar hasil uji sampel swab, karena uji laboratorium sampel swab masih dikirim ke Jakarta.

“Sedangkan saat ini, Kesehatan di Jakarta sedang crowded. Karena itulah hasil pemeriksaannya butuh waktu sedikit lama untuk diketahui. Masih mengantri, karena mengutamakan pengujian bagi mereka yang datang dari luar negeri,” tukas dr Hotma Banjarnahor. (dny)

Editor: Yudiansyah