Travel Umroh Diminta Melapor

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*Baru 8 Travel Terdata, 2 yang Rutin melapor

TANJUNGPANDAN – Belakangan ini kasus perjalanan umroh menjadi topik di masyarakat. Keresahan itu mendasar akibat beberapa orang yang mendaftar umroh tapi gagal atau tertunda berangkat.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung mulai melakukan pendataan travel umroh maupun haji plus di Belitung. Sejauh ini baru delapan travel yang terdata di Kemenag.

“Kita memang beberapa kali mendapat himbauan untuk mendata seluruh travel yang melaksanakan umroh maupun haji plus. La ada kita (data), ada delapan travel yang terdata. Tetapi dua travel yang baru melaporkan keberangkat,” kata Kepala Kemenag Kabupaten Belitung H Muhammadiah, di ruang kerjanya, Jumat (29/1) kemarin.

Baca Juga:  Burrito Time

Ia menghimbau bagi yang selama ini tidak melaporkan angka keberangkatan, diharapkan melapor. “Sebaiknya travel ini melapor ke kami baik tertulis maupun lisan,” kata dia, didampingi Kasi Penyelengaran Haji dan Umroh Ahmad Tibroni.

Ia menambahkan, travel umroh ini bebeda dengan pelaksanaan haji tahunan. Umroh yang biasa dilakukan kapan saja tidak ubahnya seperti paket wisata, tapi ada ibadahnya. Makanya Kemenag tidak pernah dilibatkan. Izinnya pun biasanya langsung ke pusat.

Baca Juga:  Janda Muda di Beltim Bertambah 407 Jiwa

“Ini kan khusus semacam wisata tour. Karena sifatnya seperti itu mungkin Kementerian Agama tidak terlalu dilibatkan hal itu.
Kita tidak pernah tahu berapa jumlah, yang tahu itu kita diminta untuk menyampaikan manasik,” tukasnya. (ade)

Rate this article!
Tags:
author

Author: