Tugas Mulia Babinsa Mengabdi untuk Negeri

TANJUNGPANDAN – Bintara Pembina Desa (Babinsa) merupakan anggota TNI Angkatan Darat memiliki tugas dan tanggungjawab menjaga pertahanan dan keamanan nasional yang paling depan.

Seorang Babinsa bertanggungjawab atas pelaporan dan pengawasan terhadap geografi, kondisi demografi, kondisi sosial masyarakat binaannya, membina ketahanan wilayahnya yang tangguh.

Dandim 0414/Belitung Letkol Kav Eko Saptono, K mengatakan, Babinsa dalam menunjang tugas dan tanggungjawab tersebut dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Yakni, berupa sepeda motor lapangan, tas lapangan dan buku pintar Babinsa. Tak ketinggalan buku catatan kejadian di lapangan selama melaksanakan tugas mulianya mengabdi untuk negeri.

RajaBackLink.com

Baca Juga:  Pesawat Tempur TNI AU Patroli di Udara Babel

Babinsa yang tinggal di tengah tengah masyarakat dengan melaksanakan membina teritorial. Bekerjasama dengan kepala Desa dan Babinkamtibmas, Ia menjadi tempat mengadu masyarakat terkait hal-hal permasalahan di tengah -tengah masyarakat yang berdampak pada keamanan nasional. Babinsa juga dituntut untuk dapat memetakan kondisi teritorialnya.

“Setiap saat Babinsa melaksanakan Komsos dengan masyarakan dalam rangka mendengarkan aspirasi masyarakat serta melakukan pemetaan diaktualkan dengan kondisi sekarang. Sehingga jika terjadi sesuatu di wilayahnya ia sudah tahu dan dilaporkan ke komandannya yakni danramil,” jelas Dandim.

Dandimm menjelaskan, Babinsa idealnya minimal berpangkat bintara namun kenyataan di lapangan dengan kurangnya personel membuat anggota TNI AD yang berpangkat kopral menjadi Babinsa.

Baca Juga:  Bupati Launching Pengelolaan Aset Toilet dan BIN Sampah

Adakalanya sang Babinsa mengawasi lebih dari satu desa, sehingga tugas dan tanggung jawab Babinsa sangatlah membutuhkan tenaga dan fikiran yang lebih ekstra.

Ditambahkanya, postur Babinsa ideal persyaratan lainnya Babinsa selain memiliki ilmu keprajuritan dibekali juga ilmu pengetahuan dan ketrampilan, ilmu bertani dan ilmu pertukangan, teknologi dan komunikasi.

“Hal ini dia nilai perlu karena Babinsa dituntut dapat berkomunikasi dan bergaul dengan masyarakat secara santun dan humanis,” tandas Dandim.(RH/Pendim)

Tags:
author

Author: