Tukang Bakso Nekat Curi Emas

by -

*Untuk Membayar Hutang yang Membelitnya

MANGGAR – Seorang pedagang bakso di Desa Baru Manggar terpaksa harus berurusan dengan pihak Polres Belitung Timur (Beltim). Pedagang Bakso, KS (40) asal Jawa Timur ini, nekat mencuri kalung emas di sebuah Toko Emas Suwarna kawasan Pasar Lipat kajang Manggar, Jumat siang (26/6) kemarin.
Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Belitong Ekspres, menyebutkan pelaku nekat mencuri kalung emas di siang bolong lantaran untuk membayar hutang kredit yang membelitnya.
Kapolres Beltim, AKBP Nugrah Trihadi Si.k melalui Kabag Ops Polres Beltim, Kompol Yusuf Rusman, membenarkan jika adanya pencurian di Toko Emas Suwarna Manggar.  Pelaku kini sudah diamankan berikut dengan sepeda motor dan barang bukti kalung emas hasil curian.

“Kronologis, kejadian Jumat (26/6) kemarin sekira pukul 12.30 WIB siang, pelaku memarkirkan sepeda motornya jenis Supra BN 7580 FF di depan kantor Pos dan Pegadaian pasar Manggar. Kemudian pelaku berjalan menuju toko emas Suwarna, yang masuk berpura pura hendak membeli emas. Tak lama kemudian pelaku merampas dua buah kalung emas,” ungkap Kabag Ops Polres Beltim, Kompol Yusuf Rusman, di Mapolres Beltim, Jumat (26/6) sore kemarin.
Kabag Ops Polres Beltim mengatakan, setelah mengambil dua buah kalung emas, kemudian pelaku sempat memukul korban/pemilik toko emas, sembari melarikan diri ke arah pasar Lipat Kajang.
“Pelaku akhirnya tertangkap tepat di depan pangkalan ojek Manggar dan langsung dibantu warga untuk di bawa ke Polres Beltim,” terang Kompol Yusuf Rusman.
Dari pengakuan pelaku, nekat mengambil emas karena terbelit hutang yang di lakukannya dengan sistem kredit. Akibatnya ia melakukan pinjaman kredit gali lobang tutup lobang, hingga mengambil jalan pintas mencuri di toko emas.
“Karena dagangan Bakso sepi pembeli, dan hutang Saya banyak. Saya akhirnya berpikir pintas dan melakukan hal ini,” ungkap pria yang mengaku sudah berkeluarga ini.
Pelaku yang mengaku baru kali pertama melakukan tindakan pencurian, kini harus mendekap di Mapolres Beltim untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. Pelaku dijerat dengan pasal 362 KUHP tentang pencurian biasa dan terancam hukuman penjara selama lima tahun.
Atas kejadian tindak pencurian tersebut, Kabag Ops Polres Beltim, Kompol Yusuf Rusman menghimbau kepada semua laipsan masyarakat, agar tetap berhati hati. Seperti, tidak memakai perhiasan yang mencolok ketika bereda di tempat umum, apalagi menjelang lebaran dikuatirkan banyaknya kejahatan.
“Yang penting hati hati, dan jangan mengenakan perhiasan yang mencolok apalagi berada di tempat umum. Apalagi menjelang hari raya Idul Fitri waspadalah,” tandasnya. (feb)