Tunggu Pergub Izin Tambang

by -

PANGKALPINANG – Badan Promosi dan Penanaman Modal Daerah (BPPMD) Bangka Belitung (Babel) menunggu peraturan gubernur dan peraturan daerah untuk mengeluarkan izin usaha pertambangan.
“Sampai saat ini kami belum mengeluarkan izin usaha pertambangan karena terkendala Pergub Bangka Belitung tentang izin pertambangan di darat dan laut,” kata Kepala BPPMD Babel Ceppy Nugraha, Kamis (12/3).
Ia menjelaskan, semenjak diberlakukannya kebijakan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang penyelenggaraan urusan pemerintahan mengeluarkan izin pertambangan minerba, penerbitan izin tambang hanya dilakukan pemerintah pusat dan provinsi. “Pemerintah kabupaten/kota tidak lagi berwenang mengeluarkan izin pertambangan,” ujarnya.
Pada masa transisi ini, kata dia, dibutuhkan pergub dan perda agar pelayanan perizinan tambang berjalan dengan baik. “Saat ini sudah banyak pengusaha yang mengajukan permohonan izin tambang, namun mereka belum bisa dilayani karena terkendala aturan,” terangnya.
Namun demikian, kata dia, pihaknya terus berupaya agar pelayanan izin tambang dapat berjalan dan masyarakat tidak terlalu lama menunggu. “Kami sudah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota dan dalam waktu dekat kami akan bertemu dengan gubernur untuk membahas perizinan tambang ini,” ujarnya.
Untuk itu, ia berharap, masyarakat yang akan mengurus izin tambang untuk bersabar hingga ada peraturan yang jelas. “Ini semua demi kelancaran pengusaha dalam menjalankan usaha pertambangannya,” tandasnya. (ant/rb)