UN Belum Pakai CBT

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*Sarana Belum Lengkap, Tim Provinsi Belum Cek

TANJUNGPANDAN-Tahun ini  dipastikan ujian nasional (UN) untuk sekolah menengah atas di Belitung belum memakai sistem ujian nasional Computer Bassed Test (CBT). Sebab, sarana dan prasarana belum memadai di setiap sekolah.

Untuk itu, tahun ini Belitung masih menggunakan cara lama yaitu Paper Bassed Test (PBT). Meskipun di beberapa sekolah di Bangka Belitung sudah memakai CBT.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung Irfani Mauran melalui Kepala Bidang Pendidikan Menengah Rukmini mengatakan, baru ada satu sekolah yang lengkap sarana dan prasarananya. Sekolah ini adalah SMKN 2 Tanjungpandan. Namun, belakangan tim verifikasi dan Provinsi dan Pusat tidak dapat hadir. Karen aitu, melalui surat keputusan (SK) Gubernur Babel Rustam Efendi, ditetapkan UN tidak menggunakan Computer Bassed Test (CBT).

“SMK 2 sebenarnya punya peralatan itu. Tapi kami tunggu-tunggu tidak tahu dari provinsi tidak turun. Ditunggu sampai minggu lalu tidak ada mereka verifikasi,” kata Rukmini di ruang kerjanya, Selasa (7/4) kemarin.

Ia menjelaskan syarat untuk menggunakan Computer Bassed Test (CBT), masing-masing sekolah meski memiliki komputer minimal satu per tiga dari jumlah peserta ujian. Kemudian harus didukung jaringan internet yang kuat, server yang bagus, dan spek terbaru. Sementara di sekolah-sekolah di Belitung apalagi di pulau-pulau belum memenuhi syarat itu.
Meskipun dalam ujiannya siswa boleh membawa laptop sendiri atau sekolah yang menyediakannya. Meski demikian dinas tetap akan berupaya tahun selanjutnya akan menggunakan Computer Bassed Test (CBT). Ataukah melalu dana kabupaten atau provinsi yang akan menyiapkan sarana itu. “Karena tahun 2018 semua sekolah baik negeri ataupun swasta harus pakai CBT,” kata dia.
Terkait pelaksanaan ujian nasional tanggal 13 April 2015 ini, ia memastikan setiap sekolah SMA, MA, dan SMK di Belitung sudah siap. “Kami bahkan sudah membentuk panitia untuk kesiapan kabupaten. Tinggal nanti sosialisasi untuk pengawas ruang ujiannya,” pungkasnya.
Sementara berdasarkan data Dindikbud, tahun ini yang akan mengikuti UN sebanyak 1.886 siswa. Rinciannya SMA sebanyak 742 siswa, MA sebanyak 137 siswa, SMK sebanyak 905 siswa, dan Paket C sebanyak 102 siswa. (ade)

Rate this article!
UN Belum Pakai CBT,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: