UN SMP di Beltim Berjalan Lancar

by -

*Tidak Ada yang DO Atau Tidak Mengikuti Ujian

Wabup Beltim, Burhanudin saat meninjau pelaksanaan UN SMP/Sederajat, Senin (9/5) kemarin.
Wabup Beltim, Burhanudin saat meninjau pelaksanaan UN SMP/Sederajat, Senin (9/5) kemarin.

MANGGAR – Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) hari pertama, tingkat SMP/Sederajat di Kabupaten Belitung Timur (Bertim) berjalan lancar. Peninjauan dilakukan langsung oleh Wakil Bupati Beltim, Burhanudin didampingi anggota Komisi III DPRD Beltim dan Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Hartoyo, Senin (9/5) pagi kemarin.

Peninjauan dilakukan di beberapa sekolah diantaranya SMPN 1 Manggar, SMPN 3 Manggar, SMPN 4 Manggar, SMPN 5 Manggar dan Mts Negeri Manggar. Wabup berkesempatan melihat langsung sekaligus berbincang dengan Kepala Sekolah dan guru pengawas.

“Penyelenggaraan UAN berjalan baik bagus, tertib dan lancar,” ungkap Wabup saat ditanya wartawan usai peninjauan.

Wabup yang akrab disapa Aan memastikan seluruh siswa peserta UN hadir mengikuti ujian. Dari jumlah peserta UN, berbanding sama dengan data awal kepesertaan ujian yang dilaporkan Dinas Pendidikan.

“Tidak ada yang DO (Drop Out), atau tidak mengikuti ujian dengan alasan dan lain-lain,” sebut Aan.

Aan berharap peserta UN tingkat SMP/Sederajat bisa menaikkan dan meningkatkan prestasi dibandingkan tahun sebelumnya. Minimal mampu mempertahankan capaian tahun lalu.

“Hasilnya bisa seratus persen,” ujar Wabup optimistis.

Aan menyarankan pelaksanaan UN dapat berjalan sesuai rencana sampai hari terakhir. Hal-hal teknis maupun non teknis harus benar-benar diperhatikan.

“Jangan sampai ada soal tertukar, misalnya sampul ujian bahasa Indonesia dalamnya justru ujian IPS. Memang sejauh ini belum ada, tapi kita tidak tahu besok atau lusa,” pesan Aan mengingatkan.

“Selama ujian, siswa konsen belajar, orang tua fokus memperhatikan anak-anak dalam menghadapi UAN,” imbuhnya.

Disisi lain, Wabup juga mengatakan pelaksanaan UN tahun depan akan menggunakan komputer. Karenanya, persiapan harus dilakukan jauh hari agar siswa dapat mempersiapkan diri dengan baik.

“Untuk tahun ini penyelenggaraan UN tingkat SMP/Sederajat, Dan memang Kita belum menggunakan sistem Komputer, Rencananya tahun depan tingkat SMP baru akan menggunakan ujian berbasis komputer, dan saat ini, tentunya sudah harus dipersiapkan,” tandasnya. (feb)