Untuk Diketahui, Berikut Pandangan Fraksi Nasdem DPRD Belitung terkait Penyampaian Nota Keuangan APBD 2020

OYO 399 Kelayang Beach Hotel
Untuk Diketahui, Berikut Pandangan Fraksi Nasdem DPRD Belitung terkait Penyampaian Nota Keuangan APBD 2020

Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Belitung, Fendi Haryono, S.H., M.H.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Sebagaimana diketahui, Bupati Belitung, Sahani Saleh, Senin (04/11/2019) kemarin, memberikan penyampaian nota keuangan APBD 2020. Terkait dengan hal tersebut, Fraksi Nasdem DPRD Belitung menyampaikan Pandangan Umum terhadap Raperda Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Belitung Tahun Anggaran 2020.

Pandangan fraksi ini dirangkum setelah mencermati dan melakukan analisa terhadap deskripsi materi Penyampaian Raperda Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Belitung Tahun Anggaran 2020.

“Fraksi kami memberikan beberapa pernyataan dan catatan penting sebagai masukan kepada Pemerintah Daerah dalam penyelengaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan,” kata Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Belitung, Fendi Haryono, kepada belitongekspres.co.id, Rabu (06/11).

Pandangan umum ini dibacakan Fendi, selaku ketua fraksi pada selasa (5/11/2019) kemarin. Dalam hal ini, Fraksi Nasdem mengapresiasi banyaknya kebijakan positif yang dilakukan eksekutif, dan akan terus mengawal agar kegiatan pro rakyat terus dilaksanakan,” terang Fendi. (dod)

Adapun beberapa pernyataan dan catatan dari Fraksi Nasdem DPRD Belitung adalah sebagai berikut:

Baca Juga:  Mahyudin Siap Blusukan dan Emban Amanah Rakyat

1. Agar eksekutif tetap konsisten dalam mengarahkan kebijakan anggarannya untuk menjadikan Kabupaten Belitung sebagai smart island.

2. Dalam peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) sesuai dengan perkembangan jaman dan juga sejalan dengan lima sasaran prioritas pembangunan nasional, yaitu: pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan, maka perlu memberlakukan sistem pendidikan berbasis digital agar menciptakan SDM unggulan untuk menjawab tantangan era revolusi industri 4.0 (four-point-O).

3. Dalam bidang kesehatan, fraksi kami, mendorong kepada eksekutif untuk dapat memberlakukan Puskesmas 24 jam, khususnya di pelayanan UGD di wilayah Kecamatan Sijuk dan Membalong.

4. Berikutnya, agar dapat mengoperasikan kembali ambulans air di kawasan wisata Tanjung Kelayang dan pulau-pulau sekitarnya yang menjadi destinasi wisata. Ini bertujuan untuk memberikan rasa aman bagi para masyarakat, terkhusus wisatawan. Apalagi saat ini kita sedang memasuki musim penghujan.

5. Terkait dengan penanggulangan permasalahan aliran sungai Amau dan Siburik, kami menghimbau agar eksekutif dapat segera berkoordinasi dengan provinsi, mengingat kewenangan aliran sungai sudah menjadi tanggung jawab provinsi. Ini guna mengatasi persoalan kekumuhan dan tingginya potensi banjir di kawasan tersebut.

Baca Juga:  Video Kericuhan Saat Rapat Paripurna VI Masa Persidangan I Tahun 2019-2020 di DPRD Kabupaten Belitung

6. Untuk mendukung pembangunan sektor kepariwisataan Kabupaten Belitung, Fraksi Nasdem mendorong peningkatan kuantitas dan juga kualitas festival dan Mice Tourism berstandar internasional. Kemudian, mengajak pihak OPD terkait, yaitu Dinas Pariwisata agar lebih berani dalam berkreasi dan berinovasi. Kami mengapresiasi penyelenggaraan konferensi/ seminar internasional terkait Geopark, universitas dan juga aktivitas sport tourism yang sudah sangat baik, tetapi frekuensinya perlu ditambah lebih banyak lagi.

7. Perlunya diberlakukan operasi pasar perikanan secara rutin di 5 (lima) kecamatan dengan melibatkan para pengusaha secara rutin dan besar, agar permasalahan terkait inflasi dapat teratasi.

8. Mendorong agar eksekutif konsisten melaksanakan Program Betare (Belitung Terang Benderang) dengan menambah secara signifikan penerangan jalan umum (PJU). Selain itu, juga perlu memperhatikan perawatan PJU ini, supaya apa yang sudah dibangun dapat difungsikan secara berkelanjutan.

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply