Untuk Puskesmas Segera Dicairkan

by -1 views

MANGGAR – Kabar gembira bagi seluruh tenaga medis dan pegawai di Puskesmas yang ada di Kabupaten Belitung Timur (Beltim). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Beltim akan segera mencairkan dana kapitasi paling lambat Bulan September ini. Terhitung Rp 8 miliar lebih dana yang akan dibagikan saat Anggaran Belanja Tambahan (ABT) sudah disahkan.
Dana kapitasi adalah sebuah metode pembayaran untuk pelayanan kesehatan di mana penyedia layanan dibayar dalam jumlah tetap per pasien tanpa memperhatikan jumlah atau sifat layanan yang sebenarnya diberikan. Dana ini sebelumnya dibayarkan oleh Asuransi Kesehatan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang 80 persennya dikembalikan kepada Puskemas.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Beltim Beltim, Wirahadi Kusuma mengungkapkan untuk mencairkan dana kapitasi tidak mudah karena sempat terkendala dengan aturan. Namun Ia optimis paling lambat bulan September dana tersebut sudah bisa dibagikan.
“Memang kemarin sempat ada hambatan, dan ngurusnya tidak mudah karena banyak aturan dan regulasinya untuk pencairannya. Namun di lapangan semua sudah siap, abis ketuk palu ABT ini sudah bisa dibagikan,” kata Wira seusai Rapat Pimpinan dan Bendahara Puskesmas dengan Bupati Beltim, di Ruang Rapat Bupati, Senin (10/8) kemarin. (feb)